Kerajinan Desain Kartu E-Money Di Jakarta

0 132

Kerajinan Desain Kartu E-Money Di Jakarta

Saat ini penggunaan kartu uang elektronik sudah tak asing lagi. Tak hanya untuk pembayaran di jalan tol, membayar menggunakan kartu uang elektronik juga banyak digunakan di toko atau merchant. Untuk menarik minat masyarakat, bank mulai mengeluarkan kartu elektronik dengan desain yang menarik. Misalnya kartu edisi khusus imlek, edisi zodiak, edisi kartun atau edisi super hero.

Kini banyak online shop di media sosial seperti Instagram yang menawarkan jasa untuk membuat custom kartu uang elektronik. Maksudnya, pembeli bisa menentukan sendiri gambar apa yang akan dicetak pada kartu.

Pemilik Xavie Shop, Vina Christia Dewi yang menyediakan jasa cetak kartu ini menjelaskan saat ini banyak masyarakat yang menginginkan kartu uang elektronik dengan desain tidak pasaran. Hal ini juga untuk mengurangi risiko tertukar jika kartu dengan desain yang sama.

Vina menceritakan, ia membuka xavie.shop di Instagram sejak beberapa tahun yang lalu. Ia menyediakan modal awal kurang lebih Rp 50 juta.

“Dulu saya itu suka membuat desain sendiri untuk barang yang saya inginkan, kaya e-money ini saya juga tahu dari online shop. Lalu saya berpikir kalau saya buka usaha seperti ini pasti banyak yang minat,” kata Vina.

Dia mengungkapkan, untuk melayani pembeli ia membeli sendiri kartu ke bank. Kemudian dia mencetak sendiri desain yang diminta oleh pembelinya. Vina menjamin kualitas cetakan di tempatnya sangat bagus. Pasalnya mesin yang digunakan langsung mencetak di kartu, bukan stiker yang kemudian ditempel.

Vina mengungkapkan, saat ini omzet yang dikantongi saat ini kurang lebih Rp 50 juta per bulan. Menurut dia, kartu yang dijual memang berdasarkan pesanan jadi tidak dalam keadaan siap atau ready stock.

“Saya membuat sesuai dengan pesanan pembeli. Rata-rata satu bulan saya bisa membuat dan menjual lebih dari 700 kartu,” jelas dia.

Kebijakan pemerintah yang mewajibkan pembayaran di jalan tol menggunakan kartu uang elektronik dirasakan Vina adalah sebuah peluang yang sangat besar untuk berbisnis. Dengan kartu yang berbeda, maka risiko tertukar dengan kartu lain akan sangat kecil, karena lebih dikenali.

Untuk membuat satu kartu prosesnya sangat cepat. Vina menyebut satu kartu hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit, nah satu kali cetak dengan desain yang sama bisa dicetak pada 20 kartu.

Source https://finance.detik.com https://finance.detik.com/solusiukm/d-4234065/bikin-desain-unik-kartu-e-money-bisa-hasilkan-puluhan-juta-rupiah
Comments
Loading...