Kerajinan Dompet Kulit Ular Dan Biawak Di Karawang

0 326

Kerajinan Dompet Kulit Ular Dan Biawak

RI-SHOP adalah nama usaha dari pengrajin dompet kulit ular dan biawak di daerah Kutajaya – Kutawaluya, Kabupaten Karawang. Usaha dompet kulit ini di motori oleh Ariyadi Sulaeman, seorang anak muda, mahasiswa pada salah satu perguruan tingggi informatika yang ada di Karawang.

Usahanya ini dimulai setahun yang lalu dengan modal kecil yang dimilikinya. Juga bekerja sama dengan dua orang rekan yang berprofesi sebagai penjahit dan pengolah kulit ular mentah menjadi bahan baku untuk membuat dompet, akhirnya dimulailah usaha pembuatan dompet dari kulit ular ini.

Saat ini usaha dompetnya ini masih mengandalkan pesanan langsung dari para distributor yang memesan dompetnya. Jadi belum bisa membuat stok produk jadi yang banyak. Menurut Ari, produk dompet miliknya adalah produk kulit ular atau biawak asli dan di produksi dengan memperhatikan kualitas produk yang bagus dengan jahitan yang rapih dan kuat dan tidak asal jadi, sehingga di minati oleh para distributor yang memesan produk kepadanya.

Untuk pemasaran saat ini masih mengandalkan dukungan teman-teman kuliahnya. Belum memasarkan secara langsung membuka gerai/toko. Alhamdulillah walaupun begitu omset penjualannya mulai menunjukkan kenaikan walaupun belum terlalu besar volume-nya.

Harga tergantung dari kualitas kulit dan jenis kulit ularnya juga tipe dompetnya, makin langka dan susah di dapat kulitnya makin mahal harganya. Untuk kisaran harga diantara Rp 60.000,- sampai dengan Rp 100.000,- .

Source Kerajinan Dompet Kulit Ular Dan Biawak Di Karawang Kerajinan Dompet Kulit Ular Dan Biawak Di Karawang
Comments
Loading...