Kerajinan Dompet Mote Di Pati

0 343

Kerajinan Dompet Mote Di Pati

Kreasi kerajinan tas dan dompet yang terbuat dari mote ternyata mempunyai pasar yang cerah. Terbukti kerajinan tas dompet yang terbuat dari mote hasil karya warga Desa Cebolek Margoyoso Pati tidak pernah berhenti untuk memenuhi pesanan pembeli. Setiap bulan ribuan produk tas dan dompet mote didistribusikan ke berbagai daerah hingga luar Jawa. Bahkan sebagian sudah memenuhi pesanan pasar luar negeri khususnya negara Asia Tenggara.

Dari hasil kerajinan mote ternyata memberikan penghasilan warga setempat. Salah satu perajin Nurania mengatakan jika usaha kerajinan ini sudah ditekuninya sejak 17 tahun yang lalu. Mulanya dirinya mengikuti kursus ketrampilan tentang pembuatan tas. Dari tahun ke tahun dirinya berupaya menciptakan kreasi tas dan dompet dari bahan pernik dan mote. Namun kreasi dari mote ternyata mendapat pesanan banyak. Karena pesanan dari konsumen melimpah dirinya merangkul warga sekitar untuk belajar dan membuat kreasi tas dompet dari mote.

Saat ini sudah ada puluhan perajin yang menjadi binaannya. Rata-rata setiap perajin mampu membuat tas dari mote sebanyak 1 hingga 2 buah perharinya. Adapun untuk dompet bisa menghasilkan hingga 4 buah perharinya. Proses pembuatannya memang dibutuhkan keahian khusus dan kesabaran. Karena bahan yang digunakan sangat kecil dan rumit. Bahan dasar yang digunakan berupa aneka warna pernik mote, tali senar dan kain kasa. Adapun untuk harga berkisar antara Rp. 15 ribu hingga Rp.70 ribu sesuai ukuran dan bentuknya.

Untuk pemasaran sangat mudah karena barang yang sudah jadi langsung diambil pembeli yang datang ke perajin. Menjelang Ramadhan ini bahkan permintaan pasar meningkat tajam. Pihaknya bahkan menambah jam kerja hingga malam hari. Sejumlah perajin saat ini ditarget untuk bisa memenuhi pesanan pelanggan. Dari usaha ini ternyata memberikan penghasilan tetap bagi para perajin yang ada di Desa Cebolek Pati. Sehingga hingga kini Desa Cebolek terkenal dengan sebutan Desa Sentra Kerajinan Mote.

Source http://www.berita10.com http://www.berita10.com/2016/09/sukses-kreasi-tas-dompet-mote/
Comments
Loading...