Kerajinan Dupa Hio Di Ponorogo

0 239

Kerajinan Dupa Hio Di Ponorogo

Berkah saat perayaan Imlek ternyata dirasakan oleh para pengrajin lidi dupa hio di Ponorogo. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pesanan lidi yang digunakan untuk sembahyang para masyarakat Tionghoa.

“Pesanan banyak jelang Imlek, saya sampai kewalahan,” jelasnya Salah satu pengrajin lidi dupa hio, Kateno warga Desa Tumpak Pelem, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur ini bahkan menjelang Imlek kemarin, per harinya ia mampu memproduksi satu kwintal lidi.

Dijelaskan, ia menjual lidi dupa hio per kilogram seharga Rp 28 ribu. Ia juga tidak bingung menjual lidi buatannya, karena setiap hari selalu ada pengepul yang datang dan membeli lidi hasil produksinya. “Untungnya setiap hari selalu laku, pekerjaan saya hanya ini jadi sumber rezekinya hanya dari lidi dupa,” ujarnya.

Ditanya terkait bahan baku, Kateno menambahkan lebih senang menggunakan bambu jenis ori yang dikirim dari Jetis, Ponorogo. Untuk bambu satu pick up, Kateno harus membayar Rp 700 ribu.

Pengrajin lidi dupa yang lain, Yatin juga mengamini apa yang dikatakan Kateno. Sejak awal Bulan Januari, dirinya sudah kebanjiran pesanan lidi dupa. Pengepul sudah banyak memesan lidi berwarna merah ini untuk digunakan saat perayaan Imlek.

“Penjualannya sampai Madiun, Tulungagung dan Trenggalek,” cakapnya.

Bahkan ibu tiga orang anak ini mengaku menggantungkan hidupnya dari penghasilan membuat lidi dupa. Meski usaha ini hanya dikerjakan di rumah, tapi mampu memberikan nafkah bagi keluarganya.

Yatni menekuni usaha ini sejak tahun 2013 lalu, dimana saat sang suami sakit, ia harus pandai memutar otak menekuni usaha yang bisa dilakukan di dalam rumah sembari menunggui sang suami.

“Setiap hari saya membuat lidi dupa dan juga tusuk sate dibantu ibu saya,” tuturnya.

“Hasilnya lumayan untuk biaya hidup keluarga kami,” pungkasnya. Proses pembuatannya pun terbilang mudah bisa dilakukan dengan menggunakan alat manual seperti arit dan pisau. Yatni belajar membuat lidi dupa dari pengepul yang membawa contoh, ia pun berusaha meniru lidi dupa tersebut.

Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2017/01/imlek-bawa-berkah-bagi-pengrajin-lidi-dupa-ponorogo.html
Comments
Loading...