Kerajinan Eceng Gondok Di Bandung

0 302

Kerajinan Eceng Gondok

Tekad Tati Haryati untuk menumbuh – kembangkan ekonomi daerah sangat tinggi. Hal ini terlihat dari kegigihannya mempromosikan berbagai jenis produk hasil kerajinan unit Usaha Kecil Menengah (UKM) PKBM Bina Bakti RT./RW. 17/02 Desa Walahar, Kec. Klari, Bandung.

Haryati juga mempromosikan berbagai jenis produk kerajinan tangan yang tidak kalah menarik perhatian, yaitu kerajinan tangan dari eceng gondok. Berkat keuletan Haryati dan kawan-kawannya di UKM PKBM Bina Bakti, eceng gondok yang sering diangap sebagai tanaman pengganggu disulap menjadi produk kreatif yang dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Jenis-jenis produk anyaman yang dihasilkan dari bahan baku eceng gondok, di antaranya: alas piring (pismet), bungkus botol, tatak gelas dan tas dengan berbagai corak dan tempat tisu. Tapi, untuk membentuk tiap-tiap wadah sudah menggunakan mesin cetak (mal). Kekuatan jenis produk dari bahan eceng gondok ini mampu bertahan hingga 20 tahun.

Harga tiap jenis produk berbeda, mulai harga Rp. 10 ribu, seperti tatak gelas sampai Rp. 500 ribu. Mengenai modal yang sering dikeluhkan pengusaha lain, Haryati tidak kuatir, karena saat ini ada bank yang bisa memberikan modal bagi usaha kreatif. Jika sudah ada usaha kreatifitas seperti ini, modal bisa dibilang tidak ada masalah.

Source Kerajinan Eceng Gondok Di Bandung Kerajinan Eceng Gondok Di Bandung
Comments
Loading...