Kerajinan Eceng Gondok Di Wajo

0 306

Kerajinan Eceng Gondok Di Wajo

Di setiap musim hujan keberadaan eceng gondok menjadi masalah tersendiri bagi warga di sekitar Danau Tempe, di Kelurahan Laelo, Kecamatan Tempe dan Desa Pajalele, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Pemerintah pun terkendala anggaran dalam membersihkan keberadaan tanaman air ini.

Namun, itu dulu. Dengan keterampilan sederhana, tanaman ini ternyata bisa diolah menjadi produk bernilai ekonomis, yaitu sebagai bahan pembuatan biogas, pupuk organik dan berbagai produk kerajinan tangan. Keberadaan eceng gondok malah dianggap berkah bagi warga.

Alhamdulillah, sekarang sudah ada solusi penanganan eceng gondok ini. Selama ini menjadi masalah besar. Bingung mau diapakan,” kata Sudirman, warga Desa Pajalele.

Inovasi pemanfaatan eceng gondok di sekitar Danau Tempe tak terlepas dari program diinisasi Institusi Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (IPPM) Sulsel, didukung Global Environment Facility – Small Grant Project (GEF SGP) Indonesia.

Sejak awal 2014, IPPM sudah melatih dan studi banding ke daerah yang memiliki industri kreatif dari eceng gondok.

Syamsuddin Kasau, fasilitator program ini menjelaskan, ide pemanfaatan eceng gondok ini dari keprihatinan makin meluas sebaran eceng gondok di danau itu. Hingga menyebabkan produksi tangkapan nelayan berkurang.

“Dampak nyata pada tingkat kesejahteraan warga menurun akibat tangkapan ikan sedikit. Ini persoalan klasik dan menjadi keresahan warga,” kata Syamsuddin.

Hidayat Palaloi, penanggungjawab program ini mengatakan, melalui program ini diharapkan menjadi solusi inovatif dan kreatif menangani eceng gondok sekaligus pengentasan kemiskinan di daerah itu.

Meski demikian, keberadaan program ini dinilai Hidayat tidak serta merta menuntaskan persoalan. Harapannya, bisa menjadi salah satu solusi bernilai ekologi ekonomi, apalagi ketika bisa dikelola meluas dan menjadi industri tersendiri bagi daerah itu. “Tak kalah penting mengubah pola pikir masyarakat terhadap tumbuhan eceng gondok ini.”

Source http://www.mongabay.co.id http://www.mongabay.co.id/2014/04/25/eceng-gondok-danau-tempe-dari-biogas-hingga-kerajinan-tangan/
Comments
Loading...