Kerajinan Eceng Gondok Hasil Karya Siswa Di Jombang

0 152

Kerajinan Eceng Gondok Hasil Karya Siswa Di Jombang

Puluhan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Tambak Beras, Jombang, Jawa Timur mengisi liburannya di awal Januari dengan membuat kerajinan tangan. Bahan baku yang dipakai ialah eceng gondok, tanaman yang selama ini dianggap sampah dan cenderung merusak lingkungan.

Eceng gondok yang tumbuh secara liar di sungai di dekat sekolah mereka dimanfaatkan untuk membuat tas, dompet, kotak tisu, serta benda bernilai ekonomis lainnya. Hasilnya pun tidak mengecewakan, aneka kerajinan tersebut dipamerkan dan dijual di dalam beberapa kegiatan. Hasil penjualan itu dimasukkan dalam kas OSIS yang nantinya akan diputar lagi untuk membiayai kegiatan siswa lainnya.

Bagaimana cara membuat kerjainan dari eceng gondok? Caranya ternyata cukup mudah. Setelah eceng gondok diambil dan dipotong daunnya, dahan yang panjang dikeringkan. Setelah kering, dahan ini ditipiskan untuk dijadikan bahan luar. Lalu, mulailah para murid itu menggunakan pola untuk membuat kerajinan yang diinginkan, kemudian dijahit sesuai keinginan. Salah seorang pelajar bahkan mengatakan bahwa ia ingin agar memanfaatkan tanaman yang merusak ini menjadi sebuah hasil kerajinan yang bernilai ekonomis.  Bisa dikatakan hal ini adalah salah satu bentuk ekonomi kreatif yang mudah-mudahan membentuk kemandirian.

Source http://indonesiakreatif.bekraf.go.id http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/iknews/kerajinan-eceng-gondok-hasil-karya-siswa-jombang/
Comments
Loading...