Kerajinan Eceng Gondok Karya Aryani Art Di Lopait Tuntang

0 188

Kerajinan Eceng Gondok Karya Aryani Art Di Lopait Tuntang

Ulet dan kreatif. Itulah Yuyun Kadarini Zunnur’Aini dalam merintis usaha mebel berbahan dasar eceng gondok. Aneka kerajinan berbahan eceng gondok sudah dia hasilkan sejak 1997.

Eceng gondok sendiri merupakan tanaman gulma yang biasanya tumbuh subur di daerah yang memiliki kadar air dengan kandungan garam yang rendah seperti tanah basah, kolam-kolam dangkal, sungai, dan rawa-rawa. Sebut saja di Rawapening yang mudah dijumpai eceng gondok dalam jumlah besar.

Yuyun Kadarini Zunnur’Aini yang biasa disapa Aryani kini jadi pemasok eceng gondok kepada sejumlah perajin di beberapa daerah.

“Modalnya Rp 35.000 waktu itu. Satu kilogram eceng gondok kering harganya masih Rp 1.000, kalau sekarang sudah Rp 4.000 sampai Rp 7.000 dari petani.” kata Aryani.

Berawal dari menjadi pemasok eceng gondok, Aryani akhirnya memutuskan untuk belajar membuat aneka kerajinan. Memulai hanya seorang diri, wanita berusia 47 tahun itu kini telah memiliki puluhan karyawan yang terbagi di 4 lokasi produksi di sekitar danau Rawapening. Aryani pakai nama Aryani Art berlokasi di Jl. Fatmawati no. 81 Lopait Tuntang, Kabupaten Semarang sebagai pusat penjualannya.

Dalam sehari, rumah produksi Aryani membuat 5-10 mebel dalam berbagai bentuk seperti lampion, vas bunga, kursi, meja, hingga gebyok manten atau kursi pelaminan. Ada juga bikin produk ukuran kecil, misal pensil kayu berhias eceng gondok Rp 1.500 dan gebyok manten hingga Rp 15 juta lengkap dengan hiasannya.

Untuk mebel seperti kursi dan kayu, Aryani hanya mematok harga ratusan ribu rupiah, tergantung dari ukuran dan kerumitan. Para pembeli mebel berbahan dasar eceng gondok pun beragam dan berasal dari berbagai daerah.

Banyak wisatawan dari luar kota seperti Jogjakarta, Jakarta dan Bandung yang sengaja datang langsung untuk membeli dan memesan mebel buatan Aryani ini. Tak hanya itu, mebel karya Aryani ini juga telah beberapa kali diekspor ke berbagai negara.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2017/09/24/dulu-hanya-pemasok-bahan-kini-aryani-sudah-ekspor-kerajinan-eceng-gondok
Comments
Loading...