Kerajinan Ecobricks Di Sarolangun

0 91

Kerajinan Ecobricks Di Sarolangun

Sebuah keluarga di Sarolangun, mengenalkan Ecobricks (batu bata ramah lingkungan) kepada masyarakat sekitar.

Si dalang (Mona Kabiansyah) bersama sang ibu (Siti Sa’adah) dan keluarganya begitu semangat untuk mengolah limbah rumah tangga.

Siti Sa’adah mengatakan berawal dari keprihatinannya dengan sampah plastik, kegiatan positif ini dilakukannya baru sekitar empat bulan.

Kegiatan yang baru seumur jagung ini langsung ia perkenalkan oleh masyarakat sekitar. Tidak disangka, respon masyarakat begitu antusias dan sangat menyambut baik niat keluarga ini. Sekarng sudah 25 kader mengikuti kegiatan ini setiap seminggu sekali

Produk yang baru dihasilkan dari Ecobricks sendiri berupa meja dan kursi.

Sidalang (Mona Kabiansyah) mengatakan, untuk satu Ecobrick minimal isinya minimal 200 gr berupa plastik dari limbah.

Cara pembuatan Ecobrick, pertama dibutuhkan plastik bekas yang sudah dipotong kecil- kecil minimal 200 gram dalam kondisi kering dan bersih. Kemudian dimasukkan ke dalam botol plastik bekas air mineral berukurang sedang hingga padat.

Untuk membuat satu meja dibutuhkan 69 botol ecobricks dan untuk satu kursi diburuh 19 botol, tergantung seberapa besar barang yang akan dibuat. Semakin banyak ecobrikcs semakin besar pula barang yang akan dihasilkan.

Bagi warga yang membutuhkan, Mona tidak menjual hasil kreasinya itu. Tetapi ia menyarankan agar mereka membuat sendiri dan ia bersedia untuk mengajarkannya. Kreasinya ini juga sudah diterapkan untuk membuat taman di kelurahannya.

Source http://jambi.tribunnews.com http://jambi.tribunnews.com/2018/12/04/video-gunakan-konsep-ecobricks-sulap-botol-plastik-bekas-air-mineral-menjadi-kursi-dan-meja
Comments
Loading...