Kerajinan Egg Tray Dari Ampas Tebu Di Sleman

0 215

Kerajinan Egg Tray Dari Ampas Tebu Di Sleman

Mahasiswa UGM di Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman tak henti berinovasi dan berkreasi. Seperti yang dilakukan oleh lima mahasiswa UGM ini yang berhasil mengolah ampas tebu menjadi wadah telur atau egg tray ramah lingkungan.

Mereka adalah Astri Ekaputri (Fakultas Pertanian), Nabiilah Yumna Fauziyyah (Fakultas Pertanian), Ammar Bimantara Muhammad (Fakultas Teknik), Eko Ridho Dinarto (Fakultas Teknik), dan Faesal Faturrahman (FISIPOL). Kelimanya mengolah limbah pengolahan tebu berupa ampas tebu yang belum dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. Kebanyakan sisa penggilingan tebu ini hanya dibuang begitu saja.

“Jumlah ampas tebu yang dihasilkan industri gula sangat banyak, tetapi hanya menjadi sampah, dibakar sehingga menimbulkan polusi lingkungan,” jelas Astri baru-baru ini.

Oleh sebab itu mereka bergerak mengolah limbah tersebut menjadi sesuatu yang bernilai guna yaitu sebagai egg tray. Uniknya, egg tray ini didesain menjadi tas ransel yang praktis dan mudah digunakan masyarakat sehari-hari serta dapat digunakan berkali-kali.

“Kami desain secara menarik, ringan, dan praktis dengan mempertimbangkan kenyamanan pengguna,” ujarnya.

Mereka berharap produk yang dikembangkan ini dapat mengurangi polusi yang disebabkan oleh limbah ampas tebu. Selain itu juga menjadi alternatif pilihan wadah telur untuk masyarakat.

Source https://ugm.ac.id https://ugm.ac.id/id/berita/11913-mengolah.ampas.tebu.dan.limbah.tandan.sawit.jadi.bernilai.guna
Comments
Loading...