Kerajinan Emas dan Perak Di Ogan Ilir

0 383

Kerajinan Emas dan Perak Di Ogan Ilir

Seringkali sebuah cerita rakyat atau legenda dihubungkan dengan kebudayaan dan kemahiran penduduk dimana cerita atau legenda tersebut diyakini berasal. Begitu juga halnya dengan cerita rakyat atau legenda yang berkembang di Desa Tanjung Batu yang terletak di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Sebut saja cerita mengenai Sang Sungging dan Puteri Senuro atau Puteri Pinang Masak. Keahlian yang diwariskan oleh Sang Sungging dalam hal bertukang dan membuat kerajinan serta kemahiran Puteri Pinang Masak dalam membuat anyaman diyakini erat sebagai cikal bakal bidang usaha dan mata pencaharian penduduk yang berkembang di beberapa desa di Kecamatan Tanjung Batu. Salah satu perajinnya adalah Sukimo.

Sebut saja Desa Meranjat misalnya, terkenal dengan usaha membuat golok atau pisau dari besi. Bidang usaha ini juga bisa ditemui di Desa Tanjung Laut dan Desa Tanjung Pinang, di kedua desa ini juga dikenal dengan usaha tenun songket-nya. Kemudian ada lagi Desa Tanjung Atap terkenal dengan usaha kerajinan pembuatan alat-alat memasak dari bahan aluminium. Desa Senuro disamping perkebunan dan ladang terkenal juga dikenal dengan usaha anyaman. Sementara untuk bidang pertukangan (kayu) terpusat di Desa Tanjung Batu Seberang. Desa ini sekarang bahkan sudah dikenal sebagai pusat usaha pembuatan Rumah Kayu Knock Down dan sudah merambah pasar Internasional.

Di desa kelahiran saya sendiri, Desa Tanjung Batu, bidang usaha atau mata pencaharian utama penduduknya didominasi oleh usaha kerajinan. Jenis kerajinan yang ada diantaranya adalah kerajinan kuningan (pembuatan perlengkapan pengantin), kerajinan emas dan perak. Dari jenis kerajinan tersebut, kerajinan emas dan perak mendominasi sebagai mata pencaharian utama penduduk. Bidang usaha ini kemudian oleh penduduk lokal lebih dikenal dengan istilah “pande” atau “kamasan”. Profesi pengrajin emas dan perak ini sudah dilakoni oleh masyarakat sejak dahulu. Jika kita berkunjung ke rumah penduduk, hampir setiap rumah memiliki atau menekuni bidang ini, termasuk orang tua saya. Sehingga citra usaha ini sebagai usaha rumahan sudah melekat dari dahulu.

Source https://go-stage.com https://go-stage.com/2009/10/07/pengrajin-emas-dan-perak-potret-profesi-turun-temurun-di-desa-tanjung-batu/
Comments
Loading...