Kerajinan Figura Di Solokpandan

0 280

Kerajinan Figura Di Solokpandan

Bila melintasi Jalan Resimen Tangerang atau tepatnya di Gang Bombay, Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur ada beberapa pengrajin figura (bingkai) berbagai macam jenis ukuran foto, poster, baliho, benner dan lainnya. Sedikitnya ada lima pengrajin setiap hari yang beraktivitas kerja bukan sekedar nongkrong.

 

Keberadaan para pengrajin tersebut bertahan sejak 1999 hingga saat ini masih tetap ramai laris manis merauk keuntungan pelanggannya. Mereka selalu mendapatkan pesanan berbagai jenis dan ukuran figura tidak pernah sepi, selalu saja ada.

Jangan salah bisnis bidang jasa membuat pigura ada yang bisa menyekolahkan anaknya hingga kuliah menyandang gelar S1 alias sarjana.

 

“Intinya kerja apapun juga sama yang penting bisa yakin, jujur, kerja keras dan tetap selalu bersyukur dengan nikmat yang ada. Meskipun dapat duit hasil bikin figura, kalau milik rezeki tidak kemana bisa sekolahkan anak sampai kuliah,” aku Ilyas (50) asal warga Kampung Waas, Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah.

Para pengrajin figura yang menjajakan bidang jasanya di trotoar jalan masing-masing diantaranya Ilyas (50) warga Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Dedi (57) warga Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, lalu Samsudin (38) warga Kampung Kandangsapi, Kecamatan Cilaku, dan Adang (55) warga Kampung Cibanteng, Kecamatan Ciranjang dan terakhir, Yusuf (51) warga Bandung. Kelima pengrajin pigura setiap harinya selalu standy selalu nongkrong menawarkan jasanya, walaupun berdekatan juga berjajar sungguh kompak tetap rukun, tidak ada saingan, sinergis dan saling mengahargai antara satu dengan yang lainnya.

“Bila ramai bisa terlayani pelanggan ratusan dalam jarak seminggu terpenuhi, cuman pesannya kelas partai besar. Bahkan, ada juga hanya pesan satu kita siap antar juga kalau tidak banyak orderan atau kerjaan,” timpal Ilyas.

Samsudin (38) dan Dedi (57) dua pengrajin lainnya memaparkan, tidak ada istilah saingan saling berebut pelanggan atau konsumen. Siapa saja yang mau pesan silahkan mau sama siapa saja bebas dan tidak ada paksanaan, malahalan kalau banyak orderan selalu saling memberikan penawaran kepada sesama rekan lainya.

 

“Ya, di sini tidak sama sekali ada saingan usaha. Kita saling menjaga kekompakan dan sinergis,” ujar dua pengrajin figura, kemarin.

 

Pesanan figura komplit dari mulai ukuran terkecil hingga terbesar ada, mulai ukuran pigura 15×10 sentimeter hingga 60×90 sentimeter.

 

Harganya pun variatif bisa nego tergantung kualitas bahan pigura dipesan beda-beda kualitas dan kuantitasnya. Pelayanan terbaik itu modal utama senagai prioritas, sehingga konsumen atau pelanggan bisa puas datang lagi kesini tidak pernah bosan dan canggung.

 

“Kalau soal harga berbeda-beda kang dari mulai harga Rp10 ribu hingga Rp300 ribu,” ucap Yusuf (51) dan Adang (55)

Source https://cianjur.pojoksatu.id https://cianjur.pojoksatu.id/baca/geliat-pengrajin-figura-di-solokpandan-cianjur
Comments
Loading...