Kerajinan Foto Siluet Di Ciamis

0 322

Kerajinan Foto Siluet Di Ciamis

Foto-foto siluet ini cukup berbeda dari biasanya. Dengan menggunakan material kayu, siluet wajah ini dibentuk dengan cara di gergaji. Ini merupakan produk kreatifitas sejumlah pemuda di desa Pabuaran, Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Mereka tergabung dalam komunitas Anak Ibu.

Usaha kerajinan tangan ini dirintis sejak 2014 lalu. Proses pembuatannya tak jauh berbeda dengan foto siluet biasanya. Pertama adalah sesi pemotretan, editing, kemudian sketsa ditempel di atas kayu. Yang berbeda, sketsa tersebut di bor dan digergaji untuk mendapatkan dimensi siluet. Langkah selanjutnya adalah penghalusan. Kemudian diberi pigura. Foto siluet kayu ini siap untuk dibawa pulang. Waktu pembuatannya terbilang singkat. Hanya butuh 1,5 jam saja untuk membuat 1 foto siluet ini.

Eka Sunarya, perajin foto siluet kayu, “Coba-coba gituh. Kayak nantang gituh. Coba buatin sesuatu yang baru gituh.”

Bermaterial kayu, foto siluet ini ternyata berhasil memikat konsumen karena keunikannya. Husen, warga Ciamis, “Ya, kadang kan saat saya melihat pertama kali yah, biasanya kan foto-fotonya dari kertas dan itu udah umum lah gitu. Nah, sekarang ini dari kayu gituh. Jadi saya sangat tertarik gituh. Apalagi kuning, bahan-bahannya juga tidak merusak alam.”

Dalam sehari komunitas ini dapat memproduksi 5 foto siluet kayu. Untuk membuatnya konsumen hanya perlu membayar 150 ribu rupiah. Foto siluet kayu ini juga bisa dibuat untuk pasangan, maupun per kelompok. Yopi Andreas.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/05/eka-sunarya-perajin-foto-siluet-kayu-di.html
Comments
Loading...