Kerajinan Fruit Carving Di Ubud

0 144

Kerajinan Fruit Carving Di Ubud

Dalam sebuah perhelatan, dekorasi merupakan bagian yang menjadi pusat perhatian para tamu atau pengunjung. Tak heran jika banyak orang berlomba untuk menampilkan dekorasi yang unik dan menarik dalam setiap acaranya. Bahkan ada beberapa orang atau perusahaan yang rela menggelontorkan berapa pun biaya untuk keperluan dekorasi itu.

Salah satu produk seni yang bisa menjadi alternatif dekorasi sebuah acara adalah buah ukir atau yang lebih populer dengan sebutan fruit carving. Seni ukir buah sendiri sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak lama. Namun, baru berkembang cukup pesat beberapa tahun belakangan. Motif dan ragam bentuk yang dihasilkan pun makin beragam.

Pasar fruit carving di Indonesia juga makin berkembang dan menjanjikan. Mulai banyak acara formal maupun non-formal yang menggunakan produk fruit carvinguntuk mempercantik dekorasi. Wajar saja jika profesi sebagai para ahli ukir buah atau yang dikenal dengan istilah fruit carving artist makin digandrungi.

I Nyoman Putra Yasa, fruit carving artist sekaligus pemilik Bali Carving Artist asal Ubud, Bali mengatakan, kebutuhan masyarakat akan produk fruit carving untuk dekorasi makin bertambah tiap tahunnya. Pria yang memulai usahanya sejak empat tahun silam ini mengakui, terjun di dunia fruit carving karena melihat peluang banyaknya permintaan dekorasi dari hotel dan resto di sekitar Bali.

Awalnya, pria yang akrab disapa Putra ini hanya perajin ukir biasa. Media yang biasa dia ukir itu adalah kayu atau batu. Di Ubud, Bali, memang  tergolong gudang perajin ukir seperti Putra.

Sekitar empat tahun lalu, seorang teman yang bekerja di hotel memberi informasi bila hotelnya butuh dekorasi ukiran tapi dari buah atau sayur. “Dari situlah saya mulai membikin fruit carving,” jelas Putra

Source https://peluangusaha.kontan.co.id https://peluangusaha.kontan.co.id/news/mengukir-peluang-di-atas-buah-buahan
Comments
Loading...