Kerajinan Furniture Dari Kayu Perahu Bekas Di Jember

0 217

Kerajinan Furniture Dari Kayu Perahu Bekas Di Jember

Tangan-tangan kreatif di Jember tidak henti-hentinya melahirkan karya-karya yang begitu menarik. Karya yang walaupun sebenarnya berorientasi pada segi bisnis, namun tetap memiliki nilai estetika yang begitu tinggi. Di ANTIK JAYA JEMBER sebuah unit usaha milik Arief Kurniawan, yang memproduksi perangkat furniture. Bedanya, furniture buatan ANTIK JAYA JEMBER ini terbuat dari kayu-kayu perahu yang sudah tidak lagi berlayar.

Usaha yang dirintis Arief ini dimulai sekitar tahun 1994. Namun awalnya hanya mengerjakan produk dan pesanan konvensional atau produk furniture lokal dan dipasarkan di wilayah sekitar pula. Karena terbatasnya ketersediaan bahan baku yaitu kayu Jati tua sebagai bahan favorit, dan kendala persaingan furniture lokal, demi kelasngsungan usaha akhirnya ANTIK JAYA JEMBER berusaha merubah segmentasi produk. Dengan harapan mendapatkan pasar yang lebih luas sekaligus terjadi peningkatan omset.

Pada pertengahan tahun 2003 mulai dipilihlah bongkaran bekas kayu-kayu perahu untuk didaur ulang menjadi produk berdasarkan order pelanggan. Tak disangka, ide itupun mendatangkan customer yang kebanyakan datang dari luar daerah, terutama Bali. Namun dibalik hal itu, ternyata pemilihan kayu bekas perahu pun juga tidak semudah yang dibayangkan. Karena Arief masih terkendala negoisasi harga dengan para pemilik perahu. Sebab sebuah perahu bekas harganya sangat dinamis alias tidak memiliki patokan harga. Apalagi jenis kayu dari perahu bekas tersebut memiliki tingkat spesifikasi yang tergolong bagus.

“Perahu yang kebanyakan kami borong berasal dari pantai sekitar tepatnya di daerah Puger. Karena pantai Puger termasuk pantai Selatan dengan gelombang yang lebih besar dibanding dengan pantai-pantai di sebelah Utara. Maka spesifikasi perahu pun pasti menggunakan kayu yang sangat super, seperti kayu Jati dan Ulin.” tutur Arief.

Para pekerja ANTIK JAYA JEMBER juga berasal dari warga sekitar Petung, Bangsalasari, Jember, Jawa Timur. Karena ANTIK JAYA JEMBER sudah termasuk dalam industri, aktifitas mereka pun pasti juga menghasilkan limbah. Limbah yang dihasilkan ternyata masih sangat ramah lingkungan.

Source https://lokalkarya.com https://lokalkarya.com/kayu-kayu-perahu-bekas-disulap-menjadi-furniture-menarik.html
Comments
Loading...