Kerajinan Gagang Cincin Di Lubuklinggau

0 121

Kerajinan Gagang Cincin Di Lubuklinggau

Boomingnya batu akik dalam beberapa waktu belakangan ini, tak hanya membawa berkah bagi pengrajin atau pengasah batu akik di Kota Lubuklinggau. Para perajin atau pembuat gagang cincin pun saat ini ikut kecipratan dan kebanjiran order.

Seperti diakui Koko Ace, pemilik toko Ace Silver yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Lubuklinggau. Menurutnya, saat ini, ia kewalahan menerima orderan membuat gagang cincin. “Sekarang ini memang pesanan untuk membuat gagang cincin cukup banyak. Jauh meningkat dibandingkan sebelumnya. Terutama sejak batu akik booming, seperti saat ini,” ungkap Koko Ace.

Menurutnya, saking banyaknya pesanan, ia bahkan sempat menolak jika pelanggan ingin selesai cepat. Sebab, banyaknya pesanan membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pesanan tersebut.

“Kalau dulu sebelum ramai seperti sekarang ini, dalam 3-4 hari, pesanan bisa selesai dan diambil. Tapi sekarang saya tidak berani karena pesanan banyak sekali. Sekarang, kalau mau pesan tempahan gagang cincin, minimal satu bulan baru bisa diambil,” katanya sembari menyebutkan, pesanan untuk membuat gagang cincin mulai ramai sejak sebelum puasa lalu.

Ditempatnya, Koko Ace mematok harga Rp 25 ribu untuk satu gram gagang cincin perak buatannya. Sedangkan upah pembuatannya dipatok Rp 150 ribu – Rp 200 ribu per satu buah cincin, tergantung dari besar kecilnya gagang tersebut. Ia menjamin perak ditempatnya adalah perak murni.

Selain menerima upahan membuat gagang cincin perak, ia juga menjual gagang cincin perak chrom pabrikan, dengan kadar 925. Untuk perak chrom pabrikan ini, harga per gramnya dipatok Rp 30 ribu. Tak hanya gagang cincin saja, perak chrom pabrikan ini juga tersedia dalam bentuk perhiasan lainnya, seperti kalung, gelang dan anting-anting.

Senada dikatakan Heri, pebisnis batu akik dan penjual gagang cincin di Jalan Nangka Lintas Kelurahan Ponorogo Kecamatan Lubuklinggau Utara II. Menurutnya, sejak batu akik booming, maka pesanan gagang cincin pun ikut meningkat. Di tempat usahanya “Begawan Stone”, Heri menjual gagang cincin dari bahan Titanium dan Suping. Untuk tangkai Titanium, harga jualnya Rp 100 ribu per buah. Sedangkan gagang dari bahan Suping, harganya Rp 75 ribu per buah.

Source http://palembang.tribunnews.com http://palembang.tribunnews.com/2014/11/25/booming-batu-akik-pengrajin-gagang-cincin-kebanjiran-pesanan
Comments
Loading...