Kerajinan Gamelan Di Purbalingga

0 273

Sentra Kerajinan Gamelan

Sentra kerajinan Gamelan di Desa Pesayangan, Kecamatan Purbalingga Kota, Purbalingga, Jawa Tengah. Salah seorang pengrajinnya yaitu Tunut. Tunut yang ditemani oleh Prayit, pekerjaannya memotong logam yang berasal dari drum-drum bekas. Setelah dipotong, logam itu ditempelkan sampai membentuk sebuah alat musik gamelan. Alat yang digunakan sederhana, hanya sebuah palu dan pengelas.

Gamelan yang dibuat dari Pesayangan pada umumnya berbahan baku logam bekas. Biasanya, bahan baku adalah drum bekas tempat minyak tanah atau bensin yang sudah tidak terpakai. “Jadi memang boleh dikatakan sebagai barang rongsokan atau limbah, karena sudah tidak digunakan. Drum-drum tersebut kemudian dipotong-potong untuk kemudian dibuat alat musik tradisional Jawa, yakni gamelan,”ujarnya.

Yang dibuat oleh Tunut bersama pekerjanya di antaranya adalah jenis gong, bonang, demung, saron, kenong dan lainnya. Pokoknya seluruh jenis alat musik gamelan yang terbuat dari logam. “Kalau jenisnya tergantung pesananannya. Misalnya, untuk Jawa Barat tentu beda dengan Jateng atau Bali,”katanya.

Biasanya, jika pesanan dari Bandung, alat musik gamelan untuk mengiringi Jaipongan, sehingga berbeda dengan pesanan dari Yogyakarta atau Bali yang disesuiakan dengan gamelan khas di wilayah tersebut. “Kalau saya, biasanya pesanan berasal dari Bandung, Yogyakarta dan Bali. Ada yang membeli satu set, tetapi ada yang pesan per satuan. Misalnya gong saja atau bonang. Semuanya kami layani tanpa kecuali,”jelas Tunut yang mulai membuka usahanya sejak tahun 1980-an silam.

Source Kerajinan Gamelan Di Purbalingga Kerajinan Gamelan Di Purbalingga
Comments
Loading...