Kerajinan Gamelan Di Wonogiri

0 273

Kerajinan Gamelan

Ternyata di salah satu daerah pelosok Kabupaten Wonogiri terdapat sentra industri gamelan. Meski jarang yang mengetahuinya, industri skala rumahan ini masih eksis hingga sekarang. Sentra gamelan itu berada di Desa Bero, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, Jawa Tengah. Sekitar 40 kilometer arah selatan Kota Wonogiri. Lokasinya terlalu jauh dari jalan raya. Inilah yang menyebabkan keberadaannya jarang dikenal.

Hal ini diakui salah satu perajin, Paidi. “Memang belum banyak yang mengenal, bukan saja warga di luar Wonogiri, yang dari dalam Wonogiri pun masih banyak yang tidak mengetahui kalau disini merupakan sentranya pembuatan gamelan.”.

Meski begitu pesanan pembuatan gamelan masih saja mengalir. Rata-rata datang dari pedalang maupun kolektor gamelan. Satu pesanan biasanya memerlukan waktu hingga dua bulan dalam pengerjaannya. Sebab  membuat gamelan memerlukan kepekaan tinggi, dan melibatkan oleh seni didalamnya.

“Paling lama pas bikin Saron atau Demung, karena bahannya yang dari body mobil bekas, jadi butuh pemotongan terlebih dahulu,“ terang Paidi. Sementara itu Yoyok, pecinta gamelan mengakui industri pembuatan gamelan di Bero punya aspek ekonomis. Paling tidak mampu menyerap tenaga kerja sehingga mengangkat perekonomian warga sekitar.

Source Kerajinan Gamelan Di Wonogiri Kerajinan Gamelan Di Wonogiri
Comments
Loading...