Kerajinan Gantungan Kunci Bahan kayu Di Kota Batu

0 334

Kerajinan Gantungan Kunci Bahan kayu Di Kota Batu

Peluang pembuatan suvenir gantungan kunci dari bahan kayu ditangkap para perajin kecil di Kota Batu. Tak hanya untuk memenuhi pasar wisatawan  yang datang ke Kota Batu, gantungan kunci dari kayu itu juga menyebar ke Kediri, Tuban, Kudus, Semarang hingga ke Jogjakarta.

Arsad Efendi, perajin gantungan kunci mengatakan, setiap hari bisa memproduksi 600 hingga 1.000 biji gantungan kunci. Untuk harga dia patok Rp 10 ribu dapat tiga biji. Produk itu terdiri dari gantungan kunci dan mainan superhero dari bahan kayu.

Cara pembuatan gantungan kunci sangat sederhana. Seperti menyediakan bahan dari kayu bekas palet atau kayu pinus. Kayu itu dipilih selain murah, juga mudah dibentuk dan punya tekstur yang khas.

“Karena kedua kayu tersebut memiliki kandungan serat dan ada seninya. Bisa juga untuk membuat mainan superhero,” kata Arsad Efendi di gudangnya, Dusun Krajan Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Pria yang akrab disapa Pendik ini menjelaskan, awalnya kayu dipotong-potong sesuai dengan ukuran dan pemesanan. Misalnya untuk membuat boneka danbo, bahan untuk kepala boneka berukuran 20 hingga 24 milimeter. Untuk badan bisa berukuran 13 sampai 18 milimeter. Lalu untuk tangan ukuran 7 milimeter. Sedangkan untuk kaki bisa 8 hingga 10 milimeter.

Potongan-potongan kayu itu untuk disusun menjadi boneka danbo utuh. Yaitu dengan ditempelkan satu sama lain menggunakan lem. Kemudian dilakukan penyablonan atau pengecatan untuk membuat alis, mata dan hidung. Jadilah boneka gantungan kunci danbo.

Source http://www.batutimes.com http://www.batutimes.com/baca/7501/20170123/092639/danbo-kayu-dari-kota-batu-beredar-juga-di-jogjakarta-/
Comments
Loading...