Kerajinan Gantungan Kunci Bahan Spon Di Solo

0 367

Kerajinan Gantungan Kunci Bahan Spon Di Solo

Darah seni yang mengalir dalam raga Zaqib, perajin gantungan kunci bahan sandal, di Kauman, Solo, menjadikannya sebagai sosok pria yang mandiri, kreatif, pekerja keras, yang tidak hanya menggantungkan hidupnya pada orangtua saja.

Sosok sang ayah, tidak dapat dipisahkan dari karier Zaqib hingga kini. Hasil dari berguru dengan ayah, membuat dirinya berani berkarya membuat berbagai aneka produk kerajinan semenjak duduk di bangku sekolah. Jiwa wirausaha yang kuat, turut mendorongnya untuk menjadi seorang perajin yang sukses.

“Tiga tahun yang lalu, saya juga membuat sandal ukir. Karena banyak potongan-potongan yang terbuang, kemudian bapak memberi ide agar potongan sandal tersebut untuk dibuat gantungan kunci,”cerita pria asal Solo.

Hanya dibanderol Rp 3.000 per biji, Zaqib memasarkan produk gantungan kuncinya tersebut setiap minggu pagi di Stadion Manahan.

“Karena belum puas, kemudian saya mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi dan UMKM untuk bisa berjualan di Night Market Ngarsopuro tiap malam minggu, serta berjualan pula lewat situs jejaring sosial. Ya saya bersyukur dari sana produk saya mulai dikenal luas masyarakat kota Solo,” ujarnya.

Pria lulusan SMA Al Islam 3 Solo menerangkan, yang banyak menjadi konsumennya adalah remaja wanita dan anak kecil. Jika momentum liburan tiba banyak pula pengunjung asal Semarang, Surabaya, bahkan Jakarta pun menaruh hati untuk memiliki produknya.

“Selain berjualan di sana, saya juga sering mendapat orderan dari konsumen untuk suvenir pernikahan. Bahkan pernah ada konsumen dari Jakarta memesan gantungan kunci untuk suvenir pernikahannya sebanyak 1.500 biji,” paparnya.

Source https://joglosemar.co https://joglosemar.co/2013/06/perajin-gantungan-kunci-bahan-sandal.html
Comments
Loading...