Kerajinan Gasing Di Nganjuk

0 185

Kerajinan Gasing Di Nganjuk

Pengrajin gasing asal Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, masih bertahan di tengah maraknya permainan modern yang dibuat oleh pabrik dengan teknologi berstandar internasional. Kendati demikian, para pengrajin ini belum mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat, sehingga mereka harus mengandalkan kegigihan pribadi untuk dapat bertahan.

Di tengah peredaran permainan modern yang kian marak, para pengrajin mainan tradisonal ini harus memutar otak supaya bisa produksi. Salah satunya seperti yang dilakukan Arik warga Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk, yang tetap berupaya memproduksi mainan tradisonal berupa gasing dan juga proyo. “Saya tetap berusaha bertahan untuk bisa memproduksi gasing dan proyo tradisional,” ungkapnya.

Dengan menggunakan alat sederhana ciptaan sendiri, Arik bisa memproduksi gasing hingga 100 biji per hari. Dia mengaku keterampilan membuat gasing dipelajari secara otodidak, ketika tetangganya yang juga seorang pengrajin gasing sedang melakukan produksi.

Dari keinginan yang kuat itulah akhirnya Arik bisa menjadi pengrajin gasing sendiri dengan dibantu anak dan istri untuk pembuatan dalam jumlah banyak. Tangan terampilnya begitu lihai menciptakan gasing dengan sangat teliti dan mendetail.

Untuk masalah pemasaran, Arik mengaku, saat ini dirasa tidak terlalu sulit. Pasalnya, setiap selesai memproduksi dalam jumlah tertentu akan ada pengepul yang datang sendiri mengambil hasil produksinya.

Namun sayang, dia harus menerima kenyataan jika mainan tradisional yang memiliki nilai seni dan diproduksi dengan susah payah itu dihargai dengan sangat murah. “Kalau pemasaran tidak terlalu sulit. Tapi sayangnya harga sangat murah karena sekarang mainan tradisional jarang diminati anak-anak,” keluhnya.

Arik beserta pengrajin mainan tradisional yang lain hanya bisa berharap adanya peran serta dari pemerintah. Hal itu lantaran permainan tradisional yang juga merupakan simbol kebudayaan setempat ini sudah mulai sepi peminat di tengah perkembangan mainan modern yang masuk hingga ke penjuru daerah.

Source http://koranmemo.com http://koranmemo.com/pengrajin-gasing-bertahan-di-tengah-permainan-modern/
Comments
Loading...