Kerajinan Gaun Lukis 3D Di Gresik

0 240

Kerajinan Gaun Lukis 3D Di Gresik

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) kembali memunculkan inovasi baru. Yakni, gaun lukis tiga dimensi. Merubah teknik melukis, membuat lukisan pada gaun timbul dengan warna ombre atau membaur dengan gradasi. Hal ini yang dilakukan salah satu pelaku UKM Henny Eka, baru melakukannya pada awal tahun dan ternyata mendapat respon pasar yang bagus.

Ia menyebutkan, gaun lukis 3D ini penggabungan seni dan pemanfaatan teknologi. Sebelumnya, pengaplikasian seni lukis ini diterapkan pada hijab, namun trennya menggunakan lukisan biasa atua dua dimensi. Saat ini, dikembangkan pada gaun dan gaya lukisnya yang berbeda. Untuk membuat gaun nampak indah dengan lukisan tiga dimensi, Henny cukup mengerjakannya dengan melakukan pemanasan pada cat lukis. “Nanti ada kesan menggelembung saat di panaskan dengan hair dryer,” terang perempuan asal Cerme, Gresik tersebut.

Untuk menciptakan tekstur lukisan yang bagus, Henny menyarankan agar cat yang dilukiskan lebih tebal. Kemudian, disetrika dari balik kain, yang kemudian di panaskan dengan hair dryer. Produksinya tidaklah sulit, Henny bisa menghasilkan 8 sampai 10 gaun lukis 3D. Semuanya, dikatakan Henny bergantung pada ukuran gaun dan kerumitan “Pemesannya bisa mencapai Jakarta, Surabaya, Bangka Belitung hingga Medan,” sebutnya.

Aplikasinya juga ia perluas, bisa dilakukan pada tas, baju hingga jeans. Namun, pemesanan paling banyak memang pada hijab dan yang terbaru ini gaun atau potongan baju. “Masih belum banyak yang mengaplikasikan kerajinan ini,” lanjut Henny.

Sementara itu, Nanna Ferdian, mengaku baru menekuni kerajinan baru ini. Beberapa kali ia mencoba untuk meningkatkan kemampuannya melakukan gradasi warna. Sebab itu, workshop sendiri menjadi hal yang penting dalam meningkatkan kemampuannya. “Karena hasilnya saat jadi tiga dimensi juga lebih bagus, jadi peminatnya lebih banyak karena dinilai unik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sama halnya dengan hijab lukis baik 2D maupun 3D, namun lebih banyak tambahan alat. Menurutnya, selain ketelatenan yang dibutuhkan, tekniknya yang baru membuat Nanna lebih senang memproduksinya. “Untuk pemula bisa produksi dua hingga tiga jam ini ,” imbuhnya.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/02/24/52099/inovasi-gaun-lukis-tiga-dimensi
Comments
Loading...