Kerajinan Gelang Karet Di Bandung Barat

0 218

Kerajinan Gelang Karet Di Bandung Barat

Aliran rejeki dirasakan Sutarto, warga Perum. Tani Mulya Indah. Jl. Botani 2 No.14 Rt 09/15 Ngamprah Bandung Barat, Jawa Barat yang memiliki usaha gelangkaret. com. Menurut Sutarto, yang sering larisnya beragam konser yang di gelar didalam negeri, belakangan ini, ikut membuat lancar bisnisnya.

Tiap-tiap menggelar konser, EO mengorder seputar 5. 000 gelang karet. Barokah pertunjukan tidak cuma mengucur dari EO, namun juga ma pesan 100 gelang sekali pertunjukan.

Entrepreneur gelang karet juga mendapat rejeki dari beberapa pengagum sepakbola. Mereka sering terima pesanan dari pedagang untuk bikin gelang karet bertuliskan nama club sepakbola favorite seperti Manchester United, Liverpool, Barcelona, serta Real Madrid.

Usaha gelang karet dirintis Sutarto dari 2005. Waktu mengawali, ia cuma bermodal duit Rp 4 juta untuk beli peralatan berbentuk mesin finishing serta bahan baku.

Waktu itu Sutarto belum menghasilkan sendiri gelang karetnya, namun bermitra dengan tetangga yang telah mempunyai mesin pembuat grafir. Langkah tersebut mempunyai dua kekurangan : mutu tak dijaga serta tidak ada prinsip saat pelaksanaan. Mengakibatkan, Sutarto memetik komplain dari pelanggan. Sesudah keluar dari perusahaan tempatnya bekerja, pada 2006, Sutarto mengambil keputusan menghasilkan sendiri gelang karet. Ia beli mesin pembuatan grafir seharga Rp 30 juta saat itu. Mesin itu adalah mesin yang dibutuhkan untuk bikin gelang. Adapun bahan baku utama untuk gelang karet yaitu karet plus pigmen warna.

Pesanan juga datang dari sebagian perusahaan yang umumnya tengah meluncurkan product baru. Order untuk kepentingan peluncuran product baru umumnya di terima Sutarto sejumlah 10. 000 unit. Tidak hingga satu tahun, usaha gelang karetnya sudah balik modal.

Saat ini Sutarto menghasilkan lima tipe gelang karet : gelang timbul (emboss), gelang ceruk (deboss), gelang kancing, serta gelang power balance. Sutarto juga menghasilkan gelang dengan variasi baru : gelang besar dengan lebar sampai 30 mm, gelang bening (transparan), dan gelang yang dapat menyala waktu gelap.

Harga jual gelang karet ini beragam, tergantung pada jenis serta jumlah pesanan. Bila jumlah pesanan 100, maka gelang karet di jual seharga Rp 5. 000–Rp 6. 500 per buah. Untuk pemesanan sejumlah 1. 000 unit–2. 000 unit, banderol harga berkisar Rp 2. 500–Rp 3. 000. Bila pesanan meraih 10. 000, harga gelang karet bakal tergerus.

Pertama kali booming gelang karet, menurut Sutarto, berlangsung pada th 2010. Saat itu omzet penjualan gelang karetnya meraih 20. 000 per bln. Waktu di gelar acara besar seperti sepak bola Piala Eropa, Piala Dunia beberapa entrepreneur gelang karet turut memanen keuntungan. Saat ini Sutarto mengakui tiap-tiap bln senantiasa ada perusahaan yang pesan pada 5. 000 sampai 10. 000 gelang karet.

Dari gelang karet ia mengakui memperoleh omzet berkisar Rp 30 juta sampai Rp 40 juta per bln. Keuntungan yang ia capai dari usaha pembuatan gelang karet berkisar pada 30% sampai 75%.

Source https://umkmjogja.com https://umkmjogja.com/peluang-usaha-pembuatan-gelang-karet.html
Comments
Loading...