Kerajinan Gelas Dari Batok Kelapa Di Cianjur

0 309

Kerajinan Gelas Dari Batok Kelapa Di Cianjur

Perajin di Kampung Warung Jambe Kelurahan Solokpandan, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, mampu “menyulap” limbah tempurung kelapa menjadi set peralatan minum meliputi beragam model gelas dan teko. Walaupun produksinya masih terbatas, tetapi barang barang buatan perajin itu banyak diminati konsumen baik lokal dari berbagai daerah hingga luar negeri seperti Belanda, Prancis, Belgia dan India.

Jenis peralatan minum yang dibuat menggunakan bahan baku tempurung (batok-red) dari limbah buah kelapa itu berbagai model teko, cangkir, sendok, serta mangkuk. Bahan baku berupa limbah buah kelapa ukuran kecil kecil didatangkan dari beberapa daerah umumnya pesisir pantai selatan seperti Cianjur dan Ciamis. Meski pemasarannya masih terbatas, tetapi perajin kewalahan memenuhi permintaan konsumen dari berbagai daerah maupun luar negeri.

Kemampuan produksi perajin masih terbatas karena dihadapkan pada berbagai kendala. Selain modal usaha, mereka juga kesulitan mencari pekerja dan suplai bahan bakunya.

Kondisi tersebut diakui Andri yang merintis produksi alat minum bersama dua saudaranya sekitar dua tahun lalu. Ketika itu awalnya iseng memanfaatkan limbah tempurung kelapa dibuat menjadi kerajian. Hasil buatannya ternyata banyak yang membeli, akhirnya terus berkelanjutan.

“Sejak itu barulah kami mencari bahan baku limbah buah kelapa ukuran kecil kecil. Memang cukup susah juga, sekarang kiriman datang dari pesisir pantai Ciamis. Rutin kirim per seribu buah, tapi waktunya tidak menentu kadang seminggu hingga dua bulan,” ujarnya.

Source http://www.pikiran-rakyat.com http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2010/10/27/125668/perajin-cianjur-sulap-tempurung-jadi-gelas-berkelas
Comments
Loading...