Kerajinan Genteng Di Banyumas

0 220

Kerajinan Genteng Di Banyumas

Para perajin genteng di Sentra Kerajinan Genteng di Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Jawa Tengah tidak bisa memenuhi permintaan pelanggan tepat waktu di musim hujan ini. Proses pengeringan genteng yang biasanya rampung tiga hari, molor hingga satu minggu.

“Hujan tidak hanya berdampak tersendatnya produksi, tetapi jika pengeringan dipaksakan akan menurunkan kualitas genteng, akan banyak yang pecah. Sehingga, untuk menjaga kualitas, kami tetap menjemur genteng maksimal mungkin demi menjaga kualitas, walaupun hujan setiap hari turun,” kata Ali S perajin genteng di Pancasan.

Perajin genteng yang sudah menjalankam usahanya sejak 1978 ini mengakui, dalam waktu 20 hari, dia bisa menghasilkan 4.000  genteng. Jika sering hujan, butuh sebulan lebih untuk memproduksi 4.000 genteng.

“Belum lagi memperhitungkan resiko pecah. Jika biasanya dalam 1.000 genteng resiko pecahnya 100 genteng, pada saat cuaca tak menentu resiko pecahnya bisa dua kali lipatnya,”ujarnya.

Untuk masalah pemasaran, genteng produksi Pancasan tersebut tidak pernah terkendala. Pemesan pun dapat langsung datang ke pengrajin atau perajin sendiri yang memasarkan dengan datang ke pelosok desa.

Source Kerajinan Genteng Di Banyumas Kerajinan Genteng Di Banyumas
Comments
Loading...