Kerajinan Genteng Di Kulon Progo

0 200

Kerajinan Genteng

Hampir Sebagian warga Kampung Pantog, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo adalah pengrajin genteng tradisional. Umumnya hanya berbentuk usaha pribadi yang menghasilkan produk berkualitas seadanya. Pantog memang memiliki tanah yang cocok untuk membuat genteng. Sebagian tanah di sana banyak yang dibawa ke luar daerah sebagai bahan pembuatan genteng.

Penanggung jawab kelompok pengrajin genteng, Dalhuri, menambahkan, tempat pembuatan genteng saat ini berjumlah 4 tempat dengan total mesin giling 3 unit dan mesin press 5 unit. Namun, tobong pembakaran hanya ada 1 dengan kapasitas 5000-6000 buah, dengan kapasitas produksi antara 5000-10 ribu buah per bulan.

“Saat ini kendala yang dihadapi adalah tidak adanya pencetak wuwung atau krepus, kurangnya modal usaha dan transportasi, serta rumah produksi dan pengering yang kurang layak. Untuk itu, kami berharap pelatihan dan pencetak batu bata merah dari pemerintah untuk menambah kelompok baru,” jelas Dalhuri.

Camat Kalibawang, Setiawan Tri Widada, mengatakan, apabila melibatkan warga yang ada, pihaknya akan mendukung investor, karena kendala yang dihadapi kelompok kini adalah permodalan, seperti penjemuran yang menggunakan terpal.

Kelompok berharap untuk tempat penjemuran yang permanen, sehingga ini perlu modal yang besar. Jika ada investor harapannya bisa melibatkan warga masyarakat. Saat ini masih ada kendala belum punya alat pencetak kerpus, sehingga perlu adanya bantuan. Kalau memang sudah berkembang, membentuk koperasi.

Source Kerajinan Genteng Di Kulon Progo Kerajinan Genteng Di Kulon Progo
Comments
Loading...