Kerajinan Gerabah ‘Bumi Jaya’ Di Banten

0 142

Kerajinan Gerabah ‘Bumi Jaya’ Di Banten

Gerabah bumi jaya merupakan salah satu ikon kerajinan tangan dari kawasan Banten. Kerajinan gerabah bumi jaya sudah ada sejak lampau dan hingga kini masih hidup dari generasi ke generasi.

Gerabah bumi jaya berasal dari “kampung gerabah”, di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, Kota Serang. Gerabah bumi jaya terkenal dengan kekuatanya karena tanah lempung sebagai bahan memiliki kualitas baik.

Gerabah bumi jaya tidak hanya menyebar luas ke pasar lokal, namun juga menjadi komoditas ekspor. Para pengerajin gerabah yang turun temurun membuat menjadi salah satu faktor kualitas gerabah bumi jaya terjaga. Keunikan lain gerabah bumi jaya yaitu tetap mempertahankan nuansa klasik meski jenis-jenis yang dibuat juga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Desa Bumi Jaya tidak jauh dari pusat Kota Serang, hanya berjarak kurang lebih 15 kilometer ke arah timur. Akses dari pusat kota sangat mudah untuk menuju Desa Bumi Jaya. Dari Jalan Serang-Jakarta, Anda harus mengambil arah utara di perempatan Jalan Ciptayasa-Ciruas untuk mencapai “Kampung Gerabah”.

Peminat gerabah bumi jaya bahkan berasal dari luar negeri. Di Indonesia, daerah yang aktif menjalin kerja sama dengan Bumi Jaya adalah Bali. Dari Bali ini kemudian gerabah bumi jaya bisa menembus pasar negara lain seperti Malaysia dan Australia.

Dilansir situs web resmi Serang, produk gerabah bumi jaya yang dihasilkan untuk produk rumah tangga sehari-hari. Produk ini menjadi incaran seperti tungku, gentong, pot bunga kendi, pendil, tempat eras, pendalingan, kukusan, alat pemanggang. Selain itu, gerabah bumi jaya mengembangkan produk hiasan rumah yang memiliki nilai seni tinggi.

Jika Anda berkunjung ke Serang, mengunjungi Desa Bumi Jaya bisa menjadi pilihan. Dikutip merahputih.com dari berbagai sumber, bahwa gerabah bumi jaya telah ada sejak era Kesultanan Banten. Saat itu, banyak penududuk Bumi Jaya sudah menjadi pengerajin gerabah dan keindahan dan kekuatannya diakui.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/gerabah-bumi-jaya-kerajinan-warisan-leluhur-di-banten
Comments
Loading...