Kerajinan Gerabah Dari Desa Bibis

0 296

Kerajinan Gerabah Dari Desa Bibis

Memasuki gapura Dukuh Bibis, Desa Jati, Kecamatan Masaran, seakan-akan membawa kita pada kehidupan zaman nenek moyang kita. Betapa tidak, terlihat pemandangan rumah warga yang membuat gerabah berbagai bentuk dan ukuran. Gerabah sudah jarang digunakan. Di Dukuh Bibis inilah seni kerajinan membuat gerabah dipertahankan dan masih memproduksi gerabah hingga saat ini. Kerajinan gerabah yang terbuat dari tanah liat hitam yang menciptakan tekstur kasar namun antik dan eksotis.

Dukuh Bibis merupakan pusat pembuatan gerabah di Desa Jati. Lebih dari 10 KK berwirausaha sebagai pembuat Gerabah. Mayoritas pengrajin gerabah ini sudah lanjut usia dengan keahlian yang dimiliki turun temurun dari para oang tua terdahulu. Mereka menggantungkan hidupnya dengan membuat gerabah, dengan keahlian itu pengrajin gerabah bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Jenis gerabah yang  dihasilkan adalah kereng, lemper, kendi, padasan dan pot bunga. Semakin lama peminat gerabah semakin berkurang. Sekarang ini gerabah yang dibuathanyalah kereng dan lemper.

Untuk pemasaranya pengrajin gerabah bekerjasama dengan pedagang gerabah yang kulakan langsungdari pengrajin gerabah Dukuh Bibis dan menjualnya kembali. Di Dukuh Bibis merupakan pusat pembuatan Gerabah di Desa Jati, lebih dari 10 KK berwirausaha sebagai pembuat Gerabah. Kebanyakan pembuatnya sudah lanjut usia, karena mereka hanya berkeahlian membuat gerabah dan dari membuat gerabah itulah mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Semakin berkembangnya zaman peminat Gerabah sudah mulai sedikit, untuk sekarang ini yang banyak di buat hanyalah gerabah jenis kereng dan lemper. Untuk pemasarannya mereka sudah berkerja sama dengan pedagang gerabah sehingga para pedagang datang sendiri untuk membeli gerabah mereka dan menjualnya kembali.

Harapan kedepan kerajinan gerabah ini masih bisa bertahan di hiruk pukuknya industri gerabah modern yang semakin berkembang mengingat keterbatasan modal dan pengetahuan dan pendampingan UMKM dan minat generasi muda untuk meneruskan usaha ini.

Source http://www.sragen.go.id http://www.sragen.go.id/berita-1578-gerabah-dari-dukuh-bibis-desa-jati-kecamatan-masaran.html
Comments
Loading...