Kerajinan Gerabah Di Lampung Selatan

0 244

Kerajinan Gerabah Di Lampung Selatan

Boinem dengan cekatan membentuk cuak (piringan dari tanan liat) yang ada diatas alat putar didepannya. Tangannya begitu terlatih menggunakan alat-alat sederhana yang dibuatnya sendiri untuk membentuk tanah liat menjadi berbagai bentuk barang perabotan rumah tangga, seperti cuak, gentong, kendi dan perabotan dari tanah lainnya.

Sudah puluhan tahun Boinem menggeluti usaha pembuatan perabotan dari tanah (gerabah). Keahlian itu didapatkannya dari sang mertua yang merupakan salah satu perintis kerajinan gerabah di Dusun Umbul Gentong, Sidomulyo Lampung Selatan.

Bahkan nama Umbul Gentong sendiri diambil karena didaerah tersebut dahulunya merupakan sentra para pengrajin gerabah. Namun kini para pengrajin gerabah di umbul gentong mulai tergerus jaman.

Era tahun 1970 hingga tahun 1990-an setidaknya ada lebih dari 20 kepala keluarga yang menekuni usaha pembuatan gerabah. Bahkan perabotan gerabah, seperti gentong, cuak, kendi, celengan dan beberapa perabotan dari tanah liat asal Umbul Gentong sangat terkenal di sekitaran Sidomulyo dan beberapa daerah lainnya di Lampung Selatan.

Saat ini hanya tersisa sekitar 4-5 kepala keluarga saja yang masih menekuni usaha pembuatan gerabah. Itu pun dilakukan oleh generasi awal dan kedua. Nyaris tidak lagi ada penerus dari usaha tersebut. Karena sebagian anak-anak pengrajin justru bergelut pada bidang pekerjaan/usaha lainnya.

“Kalau sekarang sudah berkurang. Paling hanya ada 4 kepala keluarga yang masih membuat perabotan gerabah. Karena tidak ada lagi penerusnya. Setelah para orang tua yang menjadi pengrajin meninggal, anaknya tidak lagi melanjutkan usaha bapaknya,” kata Boinem.

Menurutnya, generasi awal pengrajin gerabah yang ada di Umbul Gentong merupakan transmigrasi asal Yogyakarta. Ia sendiri dan juga mertuanya berasal dari Bantul Jogjakarta. Usaha pengrajin gerabah pun tumbuh dan berkembang.

Seiring jaman, usaha pengrajin gerabah di Umbul Gentong terus menurutn. Dan kini sayup-sayup ketenaran Umbul Gentong sebagai sentra pengrajin gerabah di Sidomulyo pun memudar.

Source http://lampung.tribunnews.com http://lampung.tribunnews.com/2017/01/18/pengrajin-gerabah-di-umbul-gentong-terpinggirkan
Comments
Loading...