Kerajinan Gerabah Di Magelang

0 243

Kerajinan Gerabah

Sentra Kerajinan Gerabah Desa di Karanganyar tepatnya di Dusun Nglipoh. Desa ini hampir 60% warganya bermata pencaharian dari pengrajin Gerabah salah satunya adalah Sutardi. Sehingga dusun ini menjadi salah satu sentra kerajinan gerabah di kabupaten Magelang. Kerajinan gerabah sudah ditekuni warga sejak jaman penjajahan dahulu, sehingga keberadaan gerabah ini sudah sangat lekat terhadap desa ini  dan dijadikan desa ini.

Ditempat ini hasil kerajinan juga sudah sangat beragam selain berupa tungku, celengan asbak, kendi, pot bunga mini stupa, tempat pensil, sendok, cobek dan masih banyak ragam lainnya. Tempat ini juga menyediakan beberapa macam souvenir untuk acara acara pesta  seperti pernikahan, khitan dan lain sebagainya.

Bahkan sentra ini dijadikan tempat wisata edukasi, untuk mendukung keberadaan desa wisata ini telah dibangun ruang pamer atau galeri. Ini semua atas prakarsa dari ketua kelompok perajin gerabah Bina Karya yang telah mampu memberdayakan sekitar 75 perajin di wilayahnya. Tidak heran jika keberadaan desa wisata Nglipoh semakin dikenal hal ini berkat kerajinan gerabah tersebut, tidak hanya oleh wisatawan lokal saja namun sudah banyak dikenal oleh wisatawan mancanegara. Hal ini terbukti desa wisata Nglipoh ini sering kedatangan wisatawan asing yang ingin melihat secara langsung pembuatan gerabah dan sekaligus belajar cara memembuat gerabah selain ingin melihat kehidupan warga pedesaan.

Source Kerajinan Gerabah Di Magelang Kerajinan Gerabah Di Magelang
Comments
Loading...