Kerajinan Gerabah Kaligrafi Di Pemalang

0 175

Kerajinan Gerabah Kaligrafi Di Pemalang

Pemalang memiliki potensi sebagai penghasil gerabah sejak lama. Salah satu daerah yang menjadi sentra kerajinan gerabah adalah Dukuh Pekunden, Kelurahan Pelutan, Kecamatan Pemalang. Produknya beragam mulai dari perlengkapan dapur sampai dengan pot untuk tanaman. Bahkan sekarang perajinnya lebih kreatif dengan membuat genteng hias. Kreativitas semacam itu membuat kerajinan tersebut bertahan sampai sekarang.

Di sisi lain salah satu warga Pemalang yang memiliki bakat seni melirik gerabah Pekunden sebagai komoditas seni yang menjanjikan. Adalah Saeful Lutfhi pemuda tersebut yang bercita-cita mengangkat derajat gerabah Pekunden melalui seni. “Saya melukis gerabah-gerabah Pekunden dengan kaligrafi, ini akan mengangkat derajatnya dari semula hanya alat-alat perlengkapan dapur menjadi gerabah hias yang layak dipajang di ruang tamu atau sudaut rumah lainnya,”beber warga Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang tersebut.

Dia menambahkan, gerabah yang dipoles dan dihias dengan kaligrafi harganya bisa naik berlipat-lipat dari gerabah polos. Saeful bahkan menerima pesanan seni kaligrafi bermedia gerabah tersebut misalnya kaligrafi suratsurat alquran atau mutiara hadist.

Kaligrafi gerabah karya Saeful sudah dipamerkan dalam acara pameran seni yang diselenggarakan Forum LSM dan Ormas di Kantor Kesbangpolinmas beberapa waktu lalu. Banyak pujian atas karya tersebut dari para pengunjung pameran. Ketua Forum LSM dan Ormas, Ulil Albab mengatakan, lembaganya memberi kesempatan kepada anggotanya untuk mengembangkan potensi masing- masing.

Adapun penyelenggaran pameran merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk membantu anggotanya dalam mengenalkan karya masingmasing. Dalam pameran yang diselenggarakan untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-443 Kabupaten Pemalang itu forum memajang karya lukis, foto, kaligrafi gerabah dan lukis grafir.

Source https://www.suaramerdeka.com https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/64316/angkat-derajat-gerabah-melalui-lukisan-kaligrafi
Comments
Loading...