Kerajinan Gerabah Malo Di Bojonegoro

0 177

Kerajinan Gerabah Malo Di Bojonegoro

Rendeng, salah satu desa yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Malo, 10 menit perjalanan dari pusat Desa Malo, merupakan tempat yang cocok sebagai salah satu destinasi wisata edukasi pembuatan gerabah yang sudah di jalankan oleh masyarakatnya secara turun temurun.

Pertama kali masuk, kita akan di sambut oleh bermacama-macam aneka bintang dari gerabah yang berjejer rapi di kanan dan kiri jalan, mulai dari singa, harimau, sapi, zebra, monyet dan binatang lain, oleh karenanya banyak orang menyebut Desa Rendeng Sebagai “Kebun Binatangnya Bojonegoro”.

Tidak hanya itu para pengrajin juga membuat gerabah dengan berbagai ukuran mulai dari ukuran kecil hingga besar, tentu saja dengan harga yang berbeda.

Oleh para pengrajin, harga gerabah di patok mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 100.000, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Rata-rata para pengrajin mebutuhkan waktu 3 hari hingga satu minggu untuk menghasilkan 5 buah gerabah dengan ukuran besar. Sedangkan gerabah kecil para pengrajin membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu untuk menghasilkan 50 buah gerabah.

Demi bersaing dengan produk lain,saat ini para pengrajin telah melakukan inovasi dengan menambahkan berbagai karakter baru dalam membuat gerabah seperti karakter kartun kesukaan anak-anak Spongebob, Patrick, Doraemon dan lain-lain. Oleh karenanya saat ini, Desa Rendeng telah dijadikan salah satu tempat tujuan wisata dan edukasi bagi lembaga pendidikan baik Taman Kanak-kanak maupun Sekolah Dasar, selain siswa dapat mengetahui proses pembuatannya, siswa juga bisa praktek langsung membuat gerabah.

Source https://wisatabojonegoro.com https://wisatabojonegoro.com/rendeng-pusat-kerajinan-gerabah-malo/
Comments
Loading...