Kerajinan Gerabah Natar Di lampung Selatan

0 221

Kerajinan Gerabah Natar Di lampung Selatan

Sentra gerabah di desa Negara Ratu Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Himpunan pengrajin gerabah yang diketuai oleh Bapak Ujang Suhendi. “Sentra Gerabah ini terdiri dari 10 pengrajin gerabah dan sudah memulai usaha sejak tahun 1970”, ujarnya. Lebih lanjut bapak Hendi menceritakan bahwa bahan baku gerabah ini berasal dari lahan sawah atau kebun disekitar tempat produksi dengan mengambil lapisan tengahnya, sedangkan lapisan atas lahan atau lapisan humus dikembalikan seperti semula sehingga kesuburan tanah tetap terjaga dan dapat dikelola kembali. Adapun pemasaran yang dilakukan secara off line saat ini melalui satu galeri yang biasa dikenal konsumen dengan “Eri Arts” yang berlokasi di areal produsi.

Selama ini para reseller mengambil langsung gerabah ke galeri, sedangkan untuk on-line marketing masih terbatas pada media sosial facebook. Keterbatasan tersebut disebabkan pengetahuan SDM yang minim mengenai aplikasi media sosial dan IT yang semakin beraneka ragam dewasa ini. Disisi lain mengenai pembiayaan, sejauh ini untuk mengatasi kekurangan modal para pengrajin cenderung memperoleh pinjaman dari Bank, karena belum memperoleh informasi mengenai akses pembiayaan lainnya.

Untuk masalah pembiayaan yang masih terbatas pada pinjaman Bank, bu Shinta selaku konsultan bidang pembiayaan menjelaskan “Akses pembiayaan saat ini tidak terbatas pada pinjaman Bank saja, lembaga non-Bank juga memberikan pelayanan dana bergulir. Sentra tersebut merupakan satu-satunya produsen gerabah di Provinsi Lampung sehingga tergolong unik, namun patut memerlukan pelayanan usaha terpadu dari CIS Lampung untuk peningkatan daya saing produk sekaligus sebagai upaya mewujudkan UMKM Naik Kelas bagi para pengrajin gerabah.

Source https://cislampung.id https://cislampung.id/2017/10/23/pesona-kerajinan-gerabah-natar-lampung-selatan-2/
Comments
Loading...