Kerajinan Gerabah “Si Gogor” Menjadi Maskot Di Bojonegoro

0 292

Kerajinan Gerabah “Si Gogor” Menjadi Maskot Di Bojonegoro

“Si Gogor” atau anak macan ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sebagai maskot daerah ini dari hasil mengadopsi kerajinan gerabah “Celengan” (tempat menabung) berbentuk macan Desa Rendeng, Kecamatan Malo. 

“Penetapan Si Gogor sebagai maskot karena mengambil akar budaya lokal yang berkembang pada kerajinan gerabah Rendeng, Kecamatan Malo,” kata Yanna Diah Kusumawati di Bojonegoro

Ditemui di sela pameran industri kreatif yang digelar IKKON, Yanna yang juga dosen ITB Jurusan Interior itu menjelaskan, para perajin gerabah di Desa Rendeng, Kecamatan Malo hampir semuanya memproduksi Celengan Macan, selain produksi gerabah lainnya. Dengan pertimbangan bahwa gerabah Celengan Macan menjadi ciri khas maka diputuskan “Si Gogor” sebagai maskot Bojonegoro.

Keputusan maskot “Si Gogor” juga sudah melalui berbagai tahapan termasuk mendiskusikannya, kemudian Bupati Bojonegoro Suyoto memberikan nama maskot “Si Gogor”. Kerajinan gerabah Rendeng yang dikembangkan Tim IKKON, lanjut dia, jumlahnya cukup banyak, tetapi tanpa harus meninggalkan gerabah tradisional di desa setempat yang masih berkembang.

Dalam pameran selama tiga hari itu, ditampilkan puluhan industri kreatif hasil pengembangan Tim IKKON dari tujuh kerajinan unggulan di daerah setempat, selain kerajinan gerabah, juga batik Jonegaran, kerajinan onyx, kerajinan kayu jati, dan yang lainnya.

Source http://www.tagar.id http://www.tagar.id/si-gogor-akhirnya-maskot-bojonegoro/3/
Comments
Loading...