Kerajinan Gitar Mini Di Klaten

0 285

Kerajinan Gitar Mini Di Klaten

Pengrajin miniatur gitar di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten mulai kebanjiran pesanan untuk memenuhi pasar di luar negeri. Namun, karena keterbatasan modal, mereka kewalahan dalam memenuhi pesanan.

“Permintaan paling tinggi adalah pasar Amerika. Yakni sekitar 5.000 buah per bulannya,” tutur Pramono, pengrajin asal Dukuh Tursan, Desa Manjungan ditempat produksinya.

Namun demikian ia mengaku keterbatasan modal dan minimnya sumber daya manusia (SDM) menjadi kendala utama tidak terpenuhinya permintaan pasar mancanegara. “Sampai saat ini saja permintaan untuk Amerika itu baru bisa terpenuhi sekitar 2.000 buah per bulannya,” imbuhnya.

Dalam memproduksi gitar mininya, Pramono dibantu 20-an orang karyawan. Sudah ribuan gitar berbagai model ia buat. Misalnya replika gitar milik gitaris legendaris seperti gitar milik Slash Guns Roses, Paul Mc Carthney The Beatles, Bob Marley, Gorge Harrison, Pink Flyoid dan lain-lain.

Pramono mematok harga gitar mininya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 400.000 per unitnya. Dirinya sengaja tidak memasarkannya di dalam negri, karena harganya tidak terjangkau oleh masyarakat lokal.

Dalam memproduksi replika gitar, bahan baku yang dibutuhkan yakni, kayu mahoni, sonokeling, alumunium, fiber, tenol, resin (snar), jarum pentol, mata itik, dan lain-lain. “Proses pembuatannya sangat rumit dan melalui puluhan kali proses, agar menghasilkan produk miniatur gitar yang benar-benar berkualitas,” imbuh pria yang sejak 2003 silam menekuni usaha ini.

Source https://www.timlo.net https://www.timlo.net/baca/11175/pengrajin-gitar-mini-kebanjiran-pesanan/
Comments
Loading...