Kerajinan Gitar Ukir Khas Gianyar, Bali

0 355

Kerajinan Gitar Ukir Khas Gianyar, Bali

Di sebuah rumah berarsitektur Bali di Desa Guwang, Sukawati, Gianyar, gitar-gitar ukir buah karya seorang anak bangsa lahir untuk mendunia. Adalah I Wayan Tuges, sosok paruh baya dengan kemampuan seni kreatif di sekujur jari-jarinya yang sukses menyuntikan inovasi terhadap instrumen gitar. Di tangan wayan, gitar tak lagi tampil apa adanya. Gitar tak lagi tampil dengan bentuk lekuk polos tanpa taburan aksen khusus. Berkat keterampilan pahat yang dimilikinya, I Wayan Tuges menciptakan gitar-gitar eksotik yang dibalut dengan detil-detil ukiran khas Bali.

Kreasi inovatif Wayan Tuges itu pun langsung menuai decak kagum dari gitaris-gitaris ternama di dunia, semenjak mulai dipamerkan secara resmi pada tahun 2007 lalu. Gitar-gitar ukir I Wayan Tuges telah ‘terbang’ ke negara-negara, seperti Kanada, Jepang, Eropa dan Amerika Serikat. Tercatat musisi-musisi kondang seperti Rob Lutes, Rick Monroe, Dino Bradley dan George Canyon Band Country Rock Little Texas menggunakan koleksi gitar ukir karya I Wayan Tuges. Tak hanya gitaris dunia, beberapa musisi Indonesia semisal Dewa Budjana, Balawan, Iwan Fals, dan Erros Djarot pun memesan gitar-gitar ukir Tuges. Bahkan  juga pernah diminta secara eksklusif oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, agar dibuatkan gitar ukir khusus. Permintaan yang sama juga datang dari Menko Polhukam RI, Djoko Suyanto.

Harga dari gitar ukir ini pun bervariasi tergantung dari bahan dan tingkat kerumitannya. Mulai dari kisaran 5 jutaan rupiah ke atas, ada yang belasan juta, hingga puluhan juta rupiah.

Source Kerajinan Gitar Ukir Khas Gianyar, Bali Kerajinan Gitar Ukir Khas Gianyar, Bali
Comments
Loading...