Kerajinan Gitar Ukulele Di Bantul

0 227

Kerajinan Gitar Ukulele Di Bantul

Pelem ukulele adalah nama sentra produksi alat musik ukulele, beralamat di jalan Ngipiksari Banguntapan Bantul. Berdiri sejak 2011 lalu, Pelem Ukulele didirikan oleh dua orang musisi ukulele dari Yogyakarta. Pelem ukulele pada awalnya mengerjakan pesanan ukulele secara pribadi dengan jenis custom hawaiian ukulele. Karena hasilnya yang sangat memuaskan, beberapa musisi lokal, nasional bahkan internasional pernah memesan ukulele di pelem ukulele.

Cerita unik dibalik berdirinya pelem ukulele adalah ketika Fadhil dan Ogi sebagai musisi yang memilih instrumen ukulele merasa tidak puas dengan kualitas suara yang dihasilkan ukulele mereka. Padahal instrumen mereka pada waktu itu adalah merek berkelas. Akhirnya mereka bereksplorasi mencoba membuat sendiri ukulele sesuai dengan karakter dan keinginan mereka. Pada awal produksi, pelem ukulele menggunakan bahan dari pohon kayu mangga dengan alasan kualitas suara yang maksimal dan bahan tersedia di kebun setiap orang.

Kualitas pelem ukulele memang telah diakui dunia. Kebanyakan pemesan pelem ukulele adalah musisi yang berasal dari Amerika, Eropa dan Skandinavia. Dalam pasaran kualitas dan harga internasional produk pelem ukulele bisa dijual diatas harga 5 juta rupiah ke atas. Sementara untuk produk dengan kualitas normal dari pelem ukulele dihargai hanya 2 juta rupiah.

“Alasan pelem ukulele menjual produk dengan harga miring adalah karena visi kami menjadi produsen alternatif yang mampu dijangkau masyarakat dan turut serta mendorong perkembangan musik indonesia,” ujar Fadhil.

Fadhil menjelaskan proses produksi diawali sharing dengan pelanggan untuk menentukan jenis kayu, pembuatan bentuk mengikuti serat, penentuan ukuran fret hingga finishing. Dalam proses produksi tantangan yang sering ditemui adalah bagaimana menemukan kayu yang tepat karena untuk membuat ukulele yang baik dibutuhkan kayu berumur tua dan kayu berserat indah.

Sepanjang tahun pelem ukulele telah membuat ratusan ukulele yang dipesan dari berbagai penjuru dunia melalui berbagai tahapan riset dan ujicoba yang memakan waktu tidak sedikit.

“ Untuk menghasilkan alat musik ukulele custom yang baik memang diperlukan kesabaran khususnya terkait pemilihan dan pencarian bahan hingga detil produksi yang harus telaten dikerjakan,” tambahnya. Tantangan utama selama ini adalah permasalahan intonasi dan tingkat presisi dari ukuran fret sehingga pada awalnya dibutuhkan proses riset dan ujicoba yang panjang. Untuk menemukan harmoni yang pas untuk komposisi ukulele, hingga saat ini hanya pelem ukulele yang mengklaim  satu-satunya rumah produksi ukulele yang mampu membuat jenis hawaiian.

Source http://krjogja.com http://krjogja.com/web/news/read/3382/Pelem_Ukulele_Dari_Jogja_Harga_Regional_Kualitas_Internasional
Comments
Loading...