Kerajinan Glass Painting Bahan Tusuk Sate Di Gresik

0 222

Kerajinan Glass Painting Bahan Tusuk Sate Di Gresik

Glass Painting, seni melukis dengan media kaca mulai berkembang di Kabupaten Gresik. Salah satu seniman yang sedang getol mengembangkan kerajinan unik ini adalah Sekar Arum, warga Jalan Kapten Dulasim, Desa Kramatinggil, Kecamatan Gresik. Dalam sebuah toko kecil yang berada di depan rumahnya, perempuan 42 tahun ini sibuk membersihkan beberapa botol dan gelas yang baru saja dicucinya. Setelah dilap menggunakan kain bersih, botol-botol dan gelas itu dijejer di meja kecil di sudut toko yang berisi beragam kerajinantangan tersebut.

Sekar lantas mengambil beberapa cat dalam botol-botol kecil, kemudian duduk bersila. Sejurus kemudian, ia memegang tusuk sate dan mulai melukis gelas yang ada di depannya. Dia mengaku sengaja memakai tusuk sate, bukan kuas, agar hasil lukisannya lebih halus. Demikian halnya cat yang dipakai, hanya bisa didapat di Surabaya dan Malang. Cat di Surabaya merupakan produksi Itali, sedangkan yang dijual di Malang produksi Prancis.

“Saya lebih memilih yang dari Prancis. Tidak mudah mbeleber,” ungkap pemilik Sekar Craft and Art ini di sela kesibukannya.

“Sebenarnya, semua yang berbahan kaca bisa menjadi media seni lukis ini. hanya kebetulan, kali ini ada pesanan untuk melukis gelas dan beberapa botol. Motifnya bunga,” urai perempuan yang juga menjadi Ketua UPPKS (upaya peningkatan pendapatan keluarga sejahtera) Kecamatan Gresik ini.

Melukis gelas atau botol, dalam sehari bisa 3 sampai 4, tergantung motif. Semakin sulit motifnya, semakin sedikit pula karya yang diselesaikan. Bahkan, kalau ada pesanan melukis toples besar dengan motif batik dan bunga, sehari hanya bisa menyelesaikan satu toples saja.

Sejauh ini, pesanan datang bukan cuma dari Gresik, tapi juga dari Surabaya. Kebanyakan juga hanya pesanan untuk melukis. Botol, gelas, toples atau sebagainya dari pemesan sendiri. Sekar hanya mematok tarif sekitar Rp 40.000 untuk gelas atau botol. Tapi semua tetap tergantung motif dan tingkat kesulitannya.

Source http://surabaya.tribunnews.com http://surabaya.tribunnews.com/2016/08/14/glass-painting-kerajinan-unik-dari-gresik-kuasnya-pakai-tusuk-sate-agar-hasilnya-lebih-halus?page=2
Comments
Loading...