Kerajinan Gumbyung Di Buleleng

0 46

Kerajinan Gumbyung Di Buleleng

Jika di Kabupaten Jembrana memiliki alat musik tradisional bernama Jegog, di Buleleng pun ternyata memiliki alat musik yang mirip, yakni Gumbyung.

Alat musik tradisional ini ditemukan satu tahun lalu oleh I Made Trip. Memurut pria kelahiran 1956 ini, apat musik berbahan dasar bambu itu memang terlihat seperti Jegog namun dari sisi nada sangatlah berbeda.

“Ya kalau dilihat sepintas sih mirip, namun nada yang dimunculkan jelas berbeda,” katanya

Lebih lanjut, disampaikan jika dirinya barulah menemukan gamelan itu setahun belakangan dan dirinya juga tak mau dituduh mensabotase terhadap karya orang lain.

”Saya tidak mau hal itu terjadi makanya saya kembangkan dari sisi nada, dan gamelan ini adalah gabungan dari dua alat musik yakni Jegog dan Bumbung,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan jumlah oenabuh gamelan Gumbyung berjumlah 20 orang dan bagian depan ada pemade, lalu dibelakangnya ada kantil, kuntung dibagian tengah, gundir, jegog dan gumbyung dengan total ada 5 nada.

”Nadanya itu dong, dang ding, deng, terdengar aneh nada yang dihasilkan tapi inilah Gumbyung khas Desa Munduk, kec. Banjar, kab. Buleleng,” terangnya.

Pria yang keseharian sebagai pengrajin alat musik ini pun mengaku jika bahan dasar dari alat tersebut hanya menggunakan dua jenis bambu lokal yakni bambu jenis Petung dan Ampel. “Kedua jenis ini sangat kuat dan bagus,” katanya.

Pria yang juga selaku pembina dari Sanggar Tripita ini pun mengharapkan jika kedepannya alat musik temuannya itu leboh dikenal lagi. “Saat ini juga sedang diurus proses hak paten temuan saya ini,”terangnya.

Disisi lain, pengamat seni, Prof. Dibia mengatakan jika alat musik itu sangatlah bagus dan diklaim akan menjadi ikon baru untuk Buleleng dan Bali pada umumnya. “Hal yang baru dan unik, saya optimis ini akan menjadi besar jika semua pihak mau mendukung,”terangnya.

Source https://kumparan.com https://kumparan.com/kanalbali/mengenal-gumbyung-alat-musik-asli-asal-buleleng-27431110790545032
Comments
Loading...