Kerajinan Gypsum Di Balikpapan

0 395

Kerajinan Gypsum Di Balikpapan

Memiliki kreativitas tapi tak dimanfaatkan tentunya akan percuma, namun tidak bagi Ridwan. Warga Teritip Balikpapan Timur ini memanfaatkan kreativitas yang dimilikinya untu mengolah bahan bangunan berupa gypsum  yang biasa digunakan untuk hiasan plafon rumah menjadi bahan kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Ya bahan gypsum  dibentuk berbagai macam karakter, ada karakter hewan hingga tokoh kartun kesayangan anak-anak seperti Doraemon dan Naruto.

Ridwan menerangkan, pembuatan kerajinan dari bahan gypsum  ini dilakukan sudah sekitar dua tahun. Dimana untuk pemasarannya, dirinya masih menjual hasil buatannya ke sekolah-sekolah yang ada di Baltim.

Dikatakan Ridwan, untuk proses pembuatan satu bentuk karakter dirinya menggunakan bantuan alat cetak. Kemudian gypsum  yang masih dalam bentuk cair akibat dipanaskan, dimasukan ke dalam cetakan, kurang lebih sekitar 3 jam cetakan dibuka dan bentuk karakternya pun akan terlihat.

Meski proses pembuatannya lama, namun Ridwan mengaku, untuk harga jual hasil karyanya tidak dijual mahal-mahal. Harganya berkisar dari Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu, namun harga bisa mencapai Rp 6 ribu kalau sudah diberi pewarna.

Kedepannya dirinya berharap, agar hasil kerajinannya tersebut bisa dikembangkan dan dipasarkan ke wilayah-wilayah lainnya yang ada di kota Balikpapan, kalau perlu dipasarkan jika ada event-event kegiatan di kota Balikpapan.

Source http://balikpapan.prokal.co http://balikpapan.prokal.co/read/news/220431-.html
Comments
Loading...