Kerajinan Gypsum Di Lampung Selatan

0 168

Kerajinan Gypsum Di Lampung Selatan

Dusun Kayu Ubi Desa Kekiling Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan merupakan jalan penghubung antar Kecamatan diantaranya Kecamatan Penengahan, Kecamatan Palas hingga ke Kecamatan Sragi dan Kecamatan Ketapang. Setiap melintas di jalan lintas kecamatan tersebut, di kiri kanan jalan terdapat beberapa rumah yang penuh dengan beberapa benda seperti papan tipis berwarna putih tergantung. Beberapa benda tersebut berbentuk pola tertentu seperti ukiran, pola mozaik, pola kubis, serta beberapa berbentuk kotak, lingkaran serta berbagai model lain.
Sudah sejak beberapa tahun terakhir, wilayah Desa Kekiling dikenal sebagai sentra penghasil gypsum yang dikerjakan secara manual. Bukan berarti daerah lain di Lampung Selatan usaha sejenis tak ada, namun banyaknya pengrajin plafon gypsum di Dusun Kayu Ubi sedikit istimewa. Awalnya Cendana News melihat hanya ada beberapa pengrajin gypsum, namun sejak tiga tahun terakhir, kawasan tersebut mulai dikenal dengan para pengrajin salah satu penghias interior rumah tersebut.
Menurut salah satu pengrajin Gypsum, Agus pemilik Mandiri Jaya Gypsum, usaha pembuatan gypsum mulai menggeliat seiring dengan semakin meningkatnya permintaan masyarakat akan interior rumah yang lebih indah dari sekedar rumah untuk hunian. Ia mengungkapkan gypsum merupakan batu mineral yang banyak digunakan untuk konstruksi atau hiasan dalam bentuk plester atau gips.
“Semula banyak orang membuat interior rumah hanya dari semen atau kayu dengan membentuk profil, ukiran, list untuk mempercantik interior rumah namun kini gypsum lebih banyak dipilih karena mudah mendapatkan, mudah diaplikasikan dan tentunya menambah kesan mewah sebuah rumah,”sebut Agus, salah satu pengrajin pembuatan dan pemasangan gypsum saat disambangi di rumahnya.
Agus mengungkapkan beberapa contoh penggunaan gypsum dalam konstruksi bangunan seperti rumah dan gedung-gedung diantaranya: Papan gypsum digunakan untuk partisi dan lapisan untuk dinding, langit-langit, atap dan lantai. Sifat-sifat papan gipsum dapat dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan yang lebih spesifik, seperti tahan api, tahan kelembaban, tahan guncangan dan lain-lain.
Selain fungsional untuk keperluan rumah gypsum juga dimanfaatkan hanya sebagai bagian dari dekorasi. Bubuk gypsum biasanya dicampur dengan air dan digunakan untuk membuat lapisan efektif, estetis dan cantik pada batu bata, dinding dan langit-langin dengan cara menyemprotkannya. Partisi gypsum yang digunakan sebagai partisi dan lapisan dinding, langit-langit, atap dan lantai. Partisi gypsum menawarkan kinerja yang baik ketika kita membutuhkan bahan bangunan untuk melengkapi konstruksi yang tahan kelembaban, tahan tekanan dan dapat mengisolasi suara.
Usaha yang terus berkembang tersebut menurut Agus saat ini masih berskala usaha rumahan dengan sebanyak dua karyawan yang bertugas membentuk, mencetak berbagai pola papan gypsum, mahkota lampu hias serta dua orang lainnya bertugas untuk pemasangan di rumah konsumen. Usaha tersebut diakuinya telah memberi lapangan pekerjaan baru bagi pemuda pemuda desa yang selama ini tak memiliki pekerjaan.
Lis gypsum papan dijual dengan harga Rp 15 ribu-Rp20ribu per meter dengan pola yang beragam baik bergaya minimalis maupun bergaya kuno. Sedangkan, tempat ornamen lampu dijual mulai dari harga Rp 40ribu-80 ribu, tergantung ukuran dan ketebalannya. Hiasan ini memiliki keunggulan tidak mudah pecah, anti rayap dan api, ringan serta kedap suara.
Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2017/01/usaha-gypsum-di-penengahan-penuhi-kebutuhan-interior-rumah.html
Comments
Loading...