Kerajinan Handy Craft Dari Plastik Di Malang

0 155

Kerajinan Handy Craft Dari Plastik Di Malang

Ada yang unik dari peresmian Kampung Biru Arema, Saat tiba di tempat, Anda akan langsung menyaksikan berbagai hiasan dari bahan plastik yang dicat dan diolah menjadi berbagai macam bentuk. Bahkan pita peresmian yang biasanya adalah rangkaiain bunga kali ini berganti jadi plastik.

Karena penasaran, mencoba mencari tahu pemilik ide dan kreasi ornamen-ornamen dari plastik yang menghiasi setiap sudut Kampung Biru Arema di Kelurahan Kidul Dalem ini.

Ruapanya kreator-kreatornya adalah ibu-ibu PKK setempat. Mereka jugalah yang memproduksi beragam karya dari bahan plastik yang turut dipamerkan dalam peresmian Kampung Biru Arema. Salah satu pengrajin limbah plastik di Kampung Biru tersebut bernama Dewi Nur Akadiah.

Wanita yang akrab disapa Dewi ini menyampaikan bahwa kerajinan ini sudah ditekuninya sejak empat tahun lalu. Awalnya kegiatan itu hanya digunakannya untuk mengisi waktu luang.

“Lama-lama kok produk bikinan saya banyak yang suka. Akhirnya saya inisiatif untuk serius memasarkan produk limbah ini,”ujar wanita 51 tahun ini.

Dewi rupanya tidak hanya memproduksi handy craft limbah plastik, tapi ada juga yang dibuat dari kulit buah Kluwek yang sering digunakan untuk olahan masakan. Di tangan Dewi, kulit buah Kluwek didaur ulang menjadi gantungan-gantungan kunci yang lucu, unik dan menarik.

Pada pameran kali ini Dewi memamerkan hasil kreasinya berupa tas-tas cantik, jepit rambut, baju-baju festival, karpet, tirai, dan lain-lain. Harga yang dibanderol untuk produk yang ia hasilkan beragam. Mulai dari harga Rp 3 ribu hingga Rp 100 ribu.

Dengan diresmikannya Kampung Biru tersebut Dewi yang warga asli Embong Brantas dan pengrajin berharap agar karyanya bisa dikenal. Tidak hanya oleh warga kampungnya sendiri, tapi juga pihak luar. Dia juga berharap dengan diresmikannya Kampung Biru ini Perekonomian warga kampung setempat dapat terangkat .

“Harapan saya Pemerintah Kota Malang dapat membantu dari segi pemasaran dan permodalan. Saya juga berharap pemerintah bisa lebih memberikan perhatian kepada pengrajin-pengrajin rumahan dan pengusaha-pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya,”pungkasnya.

Source https://www.malangtimes.com https://www.malangtimes.com/baca/24748/20180206/172104/pengrajin-handy-craft-plastik-unjuk-gigi-dalam-peresmian-kampung-biru-begini-harapannya/
Comments
Loading...