Kerajinan Helm Mini Dari Garut

0 143

Kerajinan Helm Mini Dari garut

Di tangan pemuda asal Garut, Jawa Barat ini, bahan resin yang biasa dipakai sebagai dasar pembuatan helm, justru dipermak menjadi barang unik helm mungil nan menggemaskan.

Ukurannya yang tak biasa, serta fungsinya sebagai aksesoris, membuat produk hasil olah tangannya banyak diburu mancanegara. Malah helm mini itu akan terbang ke Brazil pekan ini.

“Terakhir pesanan dari Brazil sebanyak 30 pcs,” ujar Rofrof Al Arof, 30 tahun, pengrajin helm mungil saat ditemui di bengkel produksinya di kampung Sindangsari, Guntur, Kelurahan Sukamenteri, Garut Kota, Sabtu 1 September 2018, akhir pekan.

Memakai kaos oblong, celana pendek, plus kacamata gaul dengan frame jadul yang tersambung rantai kecil, menunjukan Oop PS panggilan akrabnya, nampak nyentrik.

Kumis potongan khas pak Raden, dengan janggut panjangnya yang  dibiarkan terurai, seakan menegaskan keunikan kepribadian Oop. Tak lupa satu topi terbalik tampak terselip menutup rambut ikalnya, menjadikannya seniman sejati yang tampil bebas.

“Mohon maaf tempatnya sempit, maklum semuanya masih dikerjakan sendiri, nanti rencannya mau pindah ke lokasi yang lebih besar,” ujar dia membuka pembicaraannya dengan Liputan6.com.

Menurut Oop, ide kreatifnya muncul karena menyenangi dunia yang unik dan klasik. Besarnya potensi pangsa pasar otomotif tanah air, ikut menambah imaginasinya dalam menghasilkan produk yang tak biasa itu.

Akhirnya, ditopang skill desain yang cukup mumpuni, ia memutuskan mencoba membuat helm mini, produk hasil olah tangannya sendiri, dengan tampilan yang gagah namun unik karena ukurannya yang mini, hingga terlihat ciamik saat ditenteng kalangan anak muda khususnya penyuka otomotif.

“Siapa yang tidak kenal helm, sengaja saya buat yang seri mininya, bahannya juga sama dengan helm asli yakni resin, cuma kalau helm asli serat fibernya lebih banyak,” kata dia menjelaskan.

Di tangan kreatifnya, bahan resin yang kental namun memiliki karakter fleksibel, disulap menjadi helm mungil yang dibuat dalam sebuah cetakan atau molding yang telah disiapkan terlebih dahulu.

“Mohon maaf soal teknis cetakannya belum bisa saya sampaikan, maklum urusan dapur,” pinta dia sambil bercanda merahasiakan salah satu pola untuk membuat cetakan helm mungil tersebut.

Source https://www.liputan6.com/regional/read/3633874/helm-mini-asal-garut-karya-seniman-nyentrik-yang-mendunia https://www.liputan6.com/regional/read/3633874/helm-mini-asal-garut-karya-seniman-nyentrik-yang-mendunia
Comments
Loading...