Kerajinan Hiasan Kerang Di Jayapura

0 160

Kerajinan Hiasan Kerang Di Jayapura

Sebanyak 30 warga yang mendiami sekitar Teluk Humbold, Kota Jayapura yakni Pantai Hamadi, Pantai Base-G, Kampung Kayu Pulau, Tobati dan Enggros mengikuti pelatihan pembuatan souvenir wisata atau cinderamata bagi masyarakat pengelola wisata.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha masyarakat pada bidang pariwisata, melalui pemahaman keterampilan dengan membuat kerajinan wisata dari kulit kerang untuk dijadikan oleh-oleh.

“Kulit kerang merupakan media penting bisa dikreasikan sebagai cinderamata,” kata Nurjainudin Konu dalam acara penutupan pelatihan pembuatan souvenir wisata selama tiga hari di Hotel Yasmin.

Melalui pelatihan tersebut dapat mencipatakan lapangan pekerjan, khususnya pengelola wisata dalam menciptakan kearifan lokal, menjadikan motivasi dalam kreatifitas masyarakat. “Yang sudah ikut pelatihan, agar membagikan ilmunya kepada yang belum mengikuti pelatihan,” kata Nurjainudin. Dalam pelatihan ini, peserta mendapatkan instruktur dari pusat kerajinan kerang di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

“Sesuai visi kearifan lokal, maka pengelola kawasan wisata harus bisa berkreasi dengan menampilkan tempat wisata yang menarik. Maka, kulit kerang yang tadinya biasa saja, dapat menjadi barang yang luar biasa untuk menarik wisatawan,” kata Nurjainudin.

Seorang peserta atas nama Marice menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kota Jayapura, karena telah memberikan kesempatan untuk berlatih membuat kerajinan dari kulit kerang. “Semoga dengan pelatihan ini dapat kami aplikasikan untuk meningkatkan perekonomian di rumah,” kata Marice.
Dalam pelatihan ini, 30 peserta diajarkan membuat bola lampu dengan berbagai model, yang bahan dasarnya dari kulit kerang dan serat viber. Agar kreatifitas pembuatan kerajinan kulit kerang terus berkarya, Pemerintah Kota Jayapura akan memfasilitasi peserta dengan pengadaan peralatan dan pendampingan
Source https://kabarpapua.co https://kabarpapua.co/kini-kulit-kerang-jadi-souvenir-wisata-pantai-kota-jayapura/
Comments
Loading...