Kerajinan Hiasan Robot Dari Onderdil Di Surabaya

0 143

Kerajinan Hiasan Robot Dari Onderdil Di Surabaya

Sekilas kerajinan yang satu ini berpenampilan layaknya robot. Ini tak lepas dari onderdil bekas yang dijadikan bahan kerajinan tersebut. Ditambah lagi pilihan cat metalik hitam dan emas, membuat produk ini terkesan gahar sekaligus unik.

Namun bentuk-bentuk produk yang menyerupai robot dan kerangka motor tersebut ternyata bukan sekadar hiasan semata, karena dapat dijadikan sebuah hiasan rumah yang bermanfaat dan fungsional.

“Kalau biasanya hiasan itu kan dibeli hanya untuk dipajang saja di lemari. Tapi karya saya ini tidak, produk saya ini ada fungsi tambahannya seperti bisa dibuat gantungan kunci, tempat tisu dan juga bisa dibuat lampu dinding,” ujar Novel Putra, sang pengarajin logam onderdil bekas.

Ia menyatakan, pembuatan karya seninya ini semata-mata untuk membuktikan bahwa di Surabaya punya kerajinan seni yang beda dengan kerajinan pada umumnya.

Produk yang ia buat memang khusus untuk para konsumen yang memiliki hobi dan selera seni tersendiri. Maka tak heran, tak sedikit orang yang melihat karyanya dengan sebelah mata.

“Bagi orang yang pemahaman seninya kurang, mungkin melihat karya saya sama saja dengan produk kerajinan lainnya. Tapi bagi yang memahami seni, mungkin beda lagi. Dan biasanya, berapa pun harganya pasti mereka beli, karena karya saya ini juga bukan kebutuhan primer, jadi tidak semua orang butuh ini,” ucapnya.

Novel pun menjelaskan bagaimana cara merangkai produk uniknya ini. Sebagai tahapan pertama yang dilakukannya adalah menggambar dan mencatat kebutuhan apa saja yang harus digunakan. “Saya rangkai satu per satu dan proses penempelan bahan-bahannya pun saya asal nempelin saja. Asal ada yang cocok dengan konsep saya, ya saya buat dengan sedemikian rupa,” tuturnya.

Produk-produk handmadenya ini diantaranya seperti, lampu meja, lampu dinding, miniatur robot dan motor, serta souvenir wedding berukuran kecil.

Ia berharap, karyanya bukan hanya untuk sekedar dibeli dan sebagai hiasan saja, melainkan Novel ingin konsumen membeli karena benar-benar butuh dan merasa puas dengan karya yang ia buat. “Kalau beli hanya sekedar buat pajangan di rumah nilainya kan beda. Itu sama saja saya hanya jualan sayuran di pasar dan tidak ada nilai seninya.”

Meskipun usaha rumahan ini baru berjalan selama dua bulan, namun peruntungan yang ia didapat tidak mengecewakan. Jika dihitung dari rata-rata pemasukannya, dalam sebulan Novel bisa meraup omset pendapatan sebesar Rp 12 juta.

“Pelanggan saya itu kebanyakan dari reseller luar pulau seperti di Palangkaraya dan Sulawesi karena memang pasarnya di sana,” tutupnya.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/05/22/bukan-sekedar-hiasan-produk-handmade-ini-juga-fungsional/
Comments
Loading...