Kerajinan Home Decor Eksklusif Di Surabaya

0 112

Kerajinan Home Decor Eksklusif Di Surabaya

Produk home decoration berbahan kulit memang banyak dijumpai di pasaran. Namun kerajinan tangan buatan Hermin Sugianingsih tampil beda dengan motif desain, komposisi warna serta lebih kuat dan tahan lama.

Hermin rutin memproduksi berbagai macam aksesori rumah. seperti tempat payung, tempat majalah, tempat air mineral, tutup stoples, serta laundry box. Sehari-hari, rumahnya diisi dengan beragam aktivitas produksi yang tak pernah sepi.

Di sela-sela kesibukannya mengarahkan karyawan, Hermin menjelaskan soal produk yang ia kelola. Menurutnya barang yang ia produksi menggunakan buatan tangan asli dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Semua barang saya hand made. Karena itu pembuatannya agak lama. Untuk bahan, saya memilih kulit sintetis. Tapi kalau konsumen menginginkan kulit asli, ya selalu dilayani. Namun tentu saja harganya lebih mahal,” cerita Hermin

Perempuan kelahiran Surabaya ini menjamin produknya lebih kuat dan awet. Sebab,berbeda dengan home decoration lain yang menggunakan kertas karton sebagai kerangka, seluruh produk Kulit Kreasindo ini menggunakan kerangka kayu.

Hermin biasa membeli bahan-bahan kerajinannya di daerah Kramat Gantung, Surabaya. Tapi ada beberapa bahan yang harus didatangkan dari Jakarta, bahkan impor dari luar negeri. Produk Kulit Kreasindo dibanderol ke pasaran dengan kisaran harga mulai Rp 50 ribu sampai Rp 525 ribu.

“Ketika konsumen ingin produk yang berkualitas, tentunya saya harus berusaha membuat produk yang seapik mungkin. Agar konsumen tidak kecewa dengan produk saya,” tegasnya.

Hermin mengenang, berawal ketika dirinya berkunjung ke rumah tetangga. Di rumah yang terlihat mewah itu dia mendapati tempat air mineral dari kawat besi. Lantas dalam hati dia berbicara “Kok sayang sekali, rumahnya bagus tapi tempat air mineralnya dari kawat,” katanya.

Sejak itu Hermin mencoba berinisiatif dan tertantang untuk membuat tempat air mineral yang cantik dan eksklusif. Namun belum terpikir untuk menjadikannya usaha baru. Apalagi warung soto kuali yang didirikannya tahun 2010 sedang ramai-ramainya.

“Saya dulu wanita karier, terakhir menjadi finance manager sebuah perusahaan swasta di Margomulyo. Usaha saya ini baru saya dirintis beberapa bulan kemudian,” kenangnya.

Hermin tak menyangka produk kerajinan yang awalnya hanya dipasarkan di lingkungan keluarga ini, mendapat sambutan bagus dari masyarakat luas. Kala pameran di Banjarmasin dia digaet manajemen Bank Kalsel untuk membuat tempat suvenir.

Ternyata cocok, sehingga beberapa kantor cabang mereka ikut-ikutan pesan. Tahun 2014 Hermin resmi menjadi mitra binaan Semen Indonesia, dan mendapat pinjaman modal Rp 20 juta.

UKM yang berlokasi usaha di kawasan Barata Jaya Surabaya ini dalam sebulan bisa meraup omset Rp 10 juta. Namun ketika mengikuti pameran bisa mencapai Rp 12 juta. Kini pemasaran produk Kulit Kreasindo sudah mencakup hampir ke berbagai seluruh kota besar di Indonesia. Bahkan, pasar mancanegara seperti Singapura, Malaysia, Timor Leste, hingga Yaman.

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/05/12/tampil-beda-dengan-produk-home-decoration-eksklusif/
Comments
Loading...