Kerajinan Ijuk Di Lubuklinggau

0 366

Kerajinan Ijuk Di Lubuklinggau

Pengusaha sapu ijuk kota lubuklingga terkendala bahan baku terpaksa kurangi karyawan, hal ini di ungkapkan saimun/mamek pengusaha sapu ijuk di Kelurahan Sidorejo lubuklinggau barat 1.

“Saat ini terpaksa mengurangi karyawan karena sulitnya bahan baku,” ujar Mamek.

Bahan baku ijuk kalaupun ada hanrganya cukup tinggi berkisar Rp 300 Ribu hingga Rp 350 ribu pergulungnya, kalau bahan bayak hanga ijuk hanya Rp 200 hingga Rp 250 ribu. Kendala banahan ini kata Mamek, sangat menyulitkan baginya karena tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang datang dari luar kota seperti dari kabupaten curup dan palembang.

“Kebayakan sapu yang saya buat hanya untuk pesanan luar daerah, sedangkan di dalam kota sendiri sangat jarang,”  katanya.

 Di samping membuat, sapu usahanya juga membuat sikat ijuk yang juga di jual keluar daerah, namun saat ini sangat sulit  bahan baku  dari lima karyawannya terpaksa dikurangai dan hanya tingal satu karyawan.

Sedangkan untuk harga jual produksi usahanya, dirinya tidak mematok hanga tinggi untuk sapu yang di jual perkodi dihargai Rp 8000 perbuah sedangkan untuk sikat dihargai Rp 3000 perbuah. Namun jika nantinya bahan baku bayak dirinya akan memperkerjakan karyawan yang di berhentikan, karena mereka merupakan karyawan yang memang sudah berpengalaman membuat kerajinan sapu dan juga sikat dari  ijuk. Dijelaskan Mamek, selama ini bahan  ijuk berasal dari kabupaten Curup dan kepayang, karena di daerah tersebutlah yang bayak menanam pohon aren dan penghasil gula merah.

Untuk itu, dirinya berupaya mencari  bahan baku ijuk dari daerah lain, namun belum ada yang sesuai karena harga terlalu tinggi, baik itu harga jual maupun ongkos angkut hal ini akan berdampak pada harga jual produksi. Disingung mengenai bantuan pemerintah, Mamek mengaku belum pernah ada bantuan dari pemerintah untuk membantu usaha kerajinan yang ai tekuni baik itu permodalan maupun pembinaan.

Source http://www.mitradesa.com http://www.mitradesa.com/index.php/info-kota/lubuklinggau/31-pengrajin-ijukterkendala-bahan-baku
Comments
Loading...