Kerajinan Ikat Pinggang Bahan Batok Kelapa

0 197

Kerajinan Tempurung Kelapa di Dusun Seduri, Desa Wonodadi, Kec. Wonodadi, sudah diproduksi sejak Tahun 90-an. Keberadaannya mulai dilirik pasar pada Tahun 2002, setelah secara intensif mendapatkan pembinaan dari pemerintah, omsetnya per tahun kini mencapai ratusan juta rupiah dengan kapasitas produksi hingga 25 ribu unit.

Ikat Pinggang Bahan Batok Kelapa

Kerajinan Ikat pinggang ini sudah menembus pasar mancanegara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Blitar Molan mengatakan, tidak hanya pasar lokal, sejak beberapa tahun terakhir penjualan produk kerajinan tempurung kelapa tersebut juga sudah menembus pasar Eropa, Amerika Latin, dan Australia.

Disamping itu kini kerajinan tempurung kelapa yang dikembangkan oleh Marlean ini, juga banyak dipasarkan di Bali dan menjadi oleh-oleh khas yang banyak diburu turis. Beberapa importir produk kerajinan Indonesia, juga banyak yang memasarkan kerajinan tempurung kelapa tersebut ke luar negeri. Meski telah banyak dikenal hingga ke luar negeri, namun Marlean mengaku Disperindag akan terus mengintensifkan promosi kerajinan tempurung kelapa tersebut melalui katalog, leaflet juga pameran – pameran produk kerajinan Kab. Blitar, mengingat ada beberapa daerah di Indonesia yang juga cukup potensial untuk dijadikan wilayah pemasaran untuk kerajinan tempurung kelapa.

Source Kerajinan Ikat Pinggang Bahan Batok Kelapa KERAJINAN TEMPURUNG KELAPA KEC. WONODADI, MAMPU MENEMBUS PASAR EROPA DAN AMERIKA
Comments
Loading...