Kerajinan Ilung Di Barabai

0 155

Kerajinan Ilung Di Barabai

Kerajinan anyaman ilung (eceng gondok) merupakan produk unggulan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Pasalnya, prospek usaha kerajinan ini cerah lantaran permintaan yang terus meningkat. Kerajinan anyaman dari ilung inimemiliki potensi bisnis besar karena juga didukung oleh bahan baku yang melimpah.

Namun masih sedikit masyarakat yang tertarik untuk menggeluti usaha tersebut. Ilung merupakan tanaman yang biasanya menjadi gulma di perairan. Padahal dengan kreatifitas dan usaha, ilung dapat diubah menjadi kerajinan anyaman yang memiliki nilai jual tinggi.

Seperti diungkapkan Nur Salam, dosen dari Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru. Kerajinan ilung bisa semakin berkembang jika diberikan sentuhan teknologi kepada pengrajin.

“Nantinya, produksi dipastikan meningkat dan bervariasi sehingga dapat bersaing dan mampu memenuhi permintaan pasar. Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diberikan adalah alat pres ilung dan alat jahit listrik,” ujar Salam yang diamini dosen lainnya, Mahfuzh S saat berkunjung ke salah satu pengrajin ilung, Mejisela Creatif di Pantai Hambawang  HST melalui Program Kemitraandengan Masyarakat (PKM).

Ditambahkan Mahfuzh, kerajinan ilung juga merupakan suatu upaya untuk memanfaatkan dan mengembangkan  potensi lokal. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Jadi sudah selayaknya mendapat perhatian. Selain diberi sentuhan TTG, untuk memperluas pemasaran juga disediakan website kerajinan ilung,” ujarnya.

Source http://kalsel.prokal.co http://kalsel.prokal.co/read/news/16195-kerajinan-ilung-makin-berkembang-di-hst.html
Comments
Loading...