Kerajinan Ilustrasi Quotes Karya Mahasiswa Di Surabaya

0 297

Kerajinan Ilustrasi Quotes Karya Mahasiswa Di Surabaya

Membuka usaha ilustrasi untuk kado dan cindera mata, Kokoh Muflikhul (21) menggunakan kutipan-kutipan dari sastrawan untuk menarik pelanggannya.

Mahasiswa aktif Jurusan Bahasa Indonesia ini telah menjalankan usahanya sejak 2015 lalu. Berawal dari permintaan seorang kakak kelas untuk dibuatkan doodle art sebagai kado, ia terinspirasi untuk membuka jasa yang sama. Melihat keuntungan yang lumayan, ia menambahkan variasi pada produknya.

“Awalnya karena iseng dan hobi sih. Dulu ada kakak kelas yang minat dan minta dibuatin kado untuk temannya, dari situ awal ide untuk mulai usaha. Awalnya cuma mozaik, doodle, line art, dan ilustrasi wajah, tapi sekarang sudah ada scribble juga,” Ucapnya

Ia juga mengungkapkan bahwa ciri khas dari produknya adalah kesederhananan dalam konsepnya. Uniknya dalam memasarkan produknya, Koko menggunakan kutipan dari sastrawan dalam setiap caption pada unggahannya di akun khusus produknya. Ia berharap pelanggannya mau membaca dan tahu tentang penulis Indonesia dengan caption tersebut.

Meski tidak memiliki basic di bidang desain dan seni gambar, Koko mampu belajar dan menghasilkan karyanya dengan belajar lewat youtube dan google. Menurutnya cara pembuatannya juga tidak cukup ruwet, sehingga proses belajar pun tidak begitu susah.

Untuk menarik pelanggan Koko dengan mementingkan kepuasan pembeli lewat kualitas produknya. Hal itu terbukti dengan tidak adanya komplain dan pembeli pun selalu memsan kembali. Ia juga membuka even giveaway dan melakukan endorsement agar semakin banyak pembeli yang berminat. Pada even tertentu Koko biasanya mendapatkan pesanan yang cukup banyak, misalnya pada even wisuda belum sebulan ia sudah mendapatkan lima pesanan.

Usaha ini dibentuk dan dijalankannya sendiri hingga sekarang. Untuk proses pembuatan pun hanya menggunakan waktu yang relatif singkat, misalnya untuk scrabble ia hanya memerlukan satu hari. Sedangkan untuk produk lain bisa membutuhkan waktu dua hingga tiga hari.

Harga yang ditentukan Koko pun terbilang cukup murah, yakni mulai dari Rp35.000 hingga Rp45.000 jika produk berupa file. Sedangkan Rp50.000 hingga Rp65.000, jika dicetak tanpa bingkai. Saat ini produknya masih dipasarkan lewat media online instagram dengan akun @uliart.

“Rencananya sih mau coba kerja sama bareng temen untuk perluasan jenis produk, jadi gak Cuma itu itu aja. Kemungkinan besar juga akan alih aplikasi juga, karena sekarang kan masih pakai photoshop mungkin akan beralih ke CorelDraw. Untuk yang lainnya belum kepikiran terlalu jauh, karena emang fokus sama studi dulu,” ujar mahasiswa semester akhir tersebut.

Source https://www.bangsaonline.com https://www.bangsaonline.com/berita/43627/manfaatkan-quotes-dari-sastrawan-indonesia-%E2%80%8Bsukses-pasarkan-karya-ilustrasi
Comments
Loading...